UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA UNIVERSITAS BINA DARMA - PASCA SARJANA - ILMU KOMUNIKASI - 2. komunikasi Massa Elearning 3 PASCA SARJANA 2019 - 2020 GANJIL UBD. UNIVERSITAS BINA DARMA.
Text
2. komunikasi Massa Elearning 3 PASCA SARJANA 2019 - 2020 GANJIL UBD.docx Download (40kB) |
Abstract
Komunikasi massa adalah proses dimana organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (publik). Organisasi - organisasi media ini akan menyebarluaskan pesan-pesan yang akan memengaruhi dan mencerminkan kebudayaan suatu masyarakat, lalu informasi ini akan mereka hadirkan serentak pada khalayak luas yang beragam. Hal ini membuat media menjadi bagian dari salah satu institusi yang kuat di masyarakat. Dalam komunikasi masa, media masa menjadi otoritas tunggal yang menyeleksi, memproduksi pesan, dan menyampaikannya pada khalayak. Unsur-unsur penting dalam komunikasi massa adalah 1. Komunikator, 2. Media massa 3. Informasi (pesan). 4. Gatekeeper. 5. Khalayak (publik) dan 6. Umpan balik. Komunikator dalam komunikasi massa adalah: 1. Pihak yang mengandalkan media massa dengan teknologi komunikasi modern, sehingga dapat dengan cepat diakses oleh publik. 2. Pihak yang berusaha memberikan jasa melalui penyebaran informasi dan sekaligus menjadi agen perubahan dalam pemahaman, wawasan dan solusi-solusi dengan jutaan massa yang tersebar dimanapun tanpa diketahui dengan jelas keberadaan mereka. 3. Pihak yang menjadi sumber informasi atau pemberitaan yang mewakili institusi formal yang sifatnya mencari keuntungan dari penyebaran informasi itu.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 13 Feb 2022 08:47 |
Last Modified: | 13 Feb 2022 08:47 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/5271 |
Actions (login required)
View Item |