UNIVERSITAS BINA DARMA - TEKNIK - TEKNIK SIPIL - LAPANGAN TERBANG - MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA UNIVERSITAS BINA DARMA - TEKNIK - TEKNIK SIPIL - LAPANGAN TERBANG - MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN. UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img]
Preview
Text
PER 04_manual desain perkerasan jalan(2019-2020)Genap_UNIVERSITAS BINA DARMA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Lingkup manual ini meliputi desainperkerasan lentur dan perkerasan kaku untuk jalan baru, pelebaran jalan, dan rekonstruksi.Manual ini juga menjelaskan faktor – faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan struktur perkerasan dan ulasan mengenai pendetailan desain, drainase dan persyaratan konstruksi. Manual ini merupakan pelengkap pedomandesain perkerasan Pd T-01-2002-B dan Pd T-14-2003, dengan penajaman pada aspek – aspek sebagai berikut: a) Penentuan umur rencana; b) Penerapan minimalisasi discounted lifecycle cost; c) Pertimbangan kepraktisan pelaksanaan konstruksi; d) Penggunaan material yang efisien. Penajaman pendekatan desain yang digunakan dalam melengkapi pedoman desain perkerasan Pd T-01-2002-B dan Pd T-14-2003, adalah pada hal – hal berikut: a) umur rencana optimum yang ditentukan dari analisis life cycle cost; b) koreksi terhadap faktor iklim yang mempengaruhi masa pelayanan perkerasan; c) analisis beban sumbu secara menyeluruh; d) pengaruh temperatur; e) pengenalan struktur perkerasan cement treated base; f) pengenalan prosedur rinci untuk desainpondasi jalan; g) pertimbangan desain drainase; h) ketentuan analisis lapisan untuk Pd T-01-2002-B; i) penerapan pendekatan mekanistis; j) katalogdesain. Manual desainperkerasan ini digunakan untuk menghasilkan desain awal (berdasarkanbagandesain) yang kemudian hasil tersebut diperiksa terhadap pedoman desain perkerasan Pd T-01-2002-B, dan Software desain Perencanaan Jalan Perkerasan Lentur (SDPJL) untuk desain perkerasan lentur, dan dengan Pd T-14- 2003 untuk desain perkerasan kaku. Manual ini akan membantu dalam menyakinkan kecukupan struktural dan kepraktisan konstruksi untuk kondisi beban dan iklim Indonesia. Sebagai konsekuensinya saat memvalidasi kecukupan struktural, sangat penting untuk menguasai elemen kunci tertentu dari metode desain dalam manual ini.Prosedur validasi harus menggunakan ketentuan umur rencana, beban, iklim, tanah dasar lunak dan batasan kontruksi yang diuraikan dalam manual ini, dan dilakukan dengan penuh pertimbangan dan kehati-hatian. Perubahan yang dilakukan terhadap desain awal menggunakan manual ini harus dilakukan secara benar dalam hal memberikan biaya siklus umur (life cycle cost) terendah

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 13 Feb 2022 08:49
Last Modified: 13 Feb 2022 08:49
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/5141

Actions (login required)

View Item View Item