Analisis Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Computer Based Test (CBT) sebagai Media Ujian Online dengan Model Uified Theory of Acceptance And Use of Technology (UTAUT)

Sriyeni, Yesi and Antoni, Darius and Akbar, Muhamad (2018) Analisis Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Computer Based Test (CBT) sebagai Media Ujian Online dengan Model Uified Theory of Acceptance And Use of Technology (UTAUT). Jurnal Teknologi dan Informatika, 8 (1). pp. 93-104. ISSN 2087-9571

[img]
Preview
Text
94-Article Text-148-1-10-20180705.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Analisis Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Computer Based Test (CBT) sebagai Media Ujian Online dengan Model Uified Theory of Acceptance And Use of Technology (UTAUT).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://ojs.palcomtech.com/index.php/teknomatika

Abstract

Computer Based Test (CBT) adalah sebuah bentuk perkembangan teknologi yang sekarang ini mulai diterapkan pada pendidikan Indonesia sebagai media ujian online di Sekolah Menengah Atas Negeri, tidak terkecuali kota Palembang. Penerapan computer based test (CBT) perlu dianalisis untuk mengetahui apakah computer based test (CBT) ini dapat sepenuhnya diterima dan bermanfaat dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan model UTAUT yang dimodifikasi dengan penambahan konstruk sikap terhadap pengggunaan teknologi (ATUT) selain konstruk utama yaitu ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, pengaruh sosial, kondisi-kondisi pemfasilitasi yang memainkan peran terhadap minat keperilakuan dan perilaku penggunaan. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner dimana responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di 14 Sekolah Menengah Atas Negeri di kota Palembang yang sudah menerapkan computer based test. Kuesioner dibuat dengan skala 4 poin mengikuti model skala likert. Analisis data menggunakan SPSS 16.0 untuk menguji validitas dan reliabilitas. Pengujian hasil penelitian menggunakan persamaan regresi linear . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil bahwa variabel ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, pengaruh sosial, kondisi-kondisi pemfasilitasi, sikap terhadap penggunaan teknologi memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel minat keperilakuan, dan variabel minat keperilakuan secara signifikan berpengaruh terhadap variabel perilaku penggunaan. Variabel pengaruh sosial memiliki pengaruh terbesar terhadap penerimaan dan penggunaan computer based test (CBT) sebagai media ujian online karena adanya kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan ujian nasional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CBT, Penerimaan Teknologi, UTAUT
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Muhamad Akbar
Date Deposited: 07 Nov 2020 05:09
Last Modified: 07 Nov 2020 08:14
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/4291

Actions (login required)

View Item View Item