Adopsi Website Quality Evaluation Method (WebQem) dan Iso 9126 untuk Mengukur Service Quality pada Ujian Online

veronica, maria and Antoni, Darius and Akbar, Muhamad (2018) Adopsi Website Quality Evaluation Method (WebQem) dan Iso 9126 untuk Mengukur Service Quality pada Ujian Online. Jurnal Teknologi dan Informatika, 8 (1). pp. 23-32. ISSN 2087-9571

[img]
Preview
Text
94-Article Text-148-1-10-20180705.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Adopsi Website Quality Evaluation Method (WebQem) dan Iso 9126 untuk Mengukur Service Quality pada Ujian Online.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://ojs.palcomtech.com/index.php/teknomatika

Abstract

Ujian merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi proses belajar. PalComTech merupakan lembaga pendidikan yang mengembangkan berbagai sistem dan aplikasi pembelajaran. Computer Best Test (CBT) yang digunakan PalComTech terdiri dari ujian online pada sistem euniversity dan CBT lainnya. Itu dikenal dengan nama Qualitiva.id. Qualitiva.id dikembangkan oleh R&D PalComTech dan sudah digunakan selama 2 tahun di PalComTech. Tujuan penelitian ini adalah mengadopsi Website Quality Evaluation Method (WebQEM) dan ISO 9126 untuk mengukur service quality ujian online, sehingga dapat memberikan masukan kepada PalComTech mengenai proses pengembangan Qualitiva.id. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengujian dilakukan dengan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel high level quality, yaitu: Usability, Functionality, Reliability dan Efficiency. Hasil penelitian adalah kesimpulan bahwa variabel usability, functionality, reliability, dan efficiency berpengaruh terhadap WebQEM, Nilai yang didapat sebesar 0,743 atau 74.3%. Variabel functionality dan reliability berpengaruh signifikan terhadap kualitas web qualitiva.id dan variabel usability dan efficiency tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas web qualitiva.id. Luaran penelitian ini memberikan masukkan/rekomendasi kepada pihak Palcomtech R&D sebagai pengembang, untuk melakukan perbaikan sesuai analisis kebutuhan user dari sisi usability dan efficiency.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: website, ISO 9126, Ujian Online, Service Quality
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Muhamad Akbar
Date Deposited: 07 Nov 2020 05:09
Last Modified: 07 Nov 2020 08:10
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/4290

Actions (login required)

View Item View Item