PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM PEMAHAMAN WACANA BUKU BIOGRAFI SISWA KELAS VII

Lessy, Anggraini and Hastari, Mayrita PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM PEMAHAMAN WACANA BUKU BIOGRAFI SISWA KELAS VII. Bina EDUKASI. ISSN 1979-8598

[img] Text
Hastari_Desember_2013.docx

Download (43kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yang kurang berminat untuk membaca wacana biografi sehingga apa yang mereka jawab tidak sesuai yang diharapkan, begitu pula dengan berbicara para siswa tidak percaya diri untuk mengungkapakan apa yang mereka ketahui sehingga apa yang mereka tahu tidak diungkapkan dan diekspresikan. Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimanapenerapan model group investigation dalam pembelajaran pemahaman wacana buku biografi siswa kelas VII Sekolah Menengah PertamaNegeri 4 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa (149 orang) kelas VII. Sampel yang digunakan siswa kelas VII.2 dan VII.4.Instrumen yang gunakan tes awal dan tes akhir. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali di kelas kontrol maupun di kelas eksperimen, tes awal kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata mencapai 45,8 atau hanya 1 orang yang tuntas sedangkan tes awal kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata mencapai 51 atau 3 orang yang tuntas. Kata kunci: membaca, wacana biografi, berbicara, Group Investigation (GI)

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mrs Hastari Mayrita
Date Deposited: 15 Dec 2017 01:48
Last Modified: 15 Dec 2017 01:48
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3598

Actions (login required)

View Item View Item