Perancangan E-Museum Songket Dengan Menggunakan Metode Software Development Life Cycle Untuk Melestarikan Budaya Lokal Sumatera Selatan

Ria Andryani, M.M., M.Kom, Ria Andryani, M.M., M.Kom Perancangan E-Museum Songket Dengan Menggunakan Metode Software Development Life Cycle Untuk Melestarikan Budaya Lokal Sumatera Selatan. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SEMNASTIK 2016). ISSN 978-979-3877-32-7

[img] Text
27.Ria Andryani & Widya Chlil SEMNASTIK .pdf

Download (300kB)

Abstract

Pengembangan E-Museum songket menjadi salah satu langkah kreatif anak bangsa yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kebudayaan lokal Sumatera Selatan agar tidak hilang dimakan zaman, karena emuseum sebagai media penye- baran informasi museum. Pemanfaatan teknologi Web 2.0, database, dan penampil- an display multimedia untuk menampilkan keanekaragaman jenis, motif dan warna songket sangat diperlukan untuk dapat menghasilkan e-museum yang informatif dan bernilai seni tinggi, sehingga tidak mengurani nilai - nilai budaya yang terkandung di dalam songket tersebut. Sasaran dari penelitian ini adalah untuk membangun prototipe e-museum song- ket berbasis web dan multimedia untuk memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat indonesia dan internasional tentang kebudayaan lokal Sumatera Selat- an berupa kain tenun songket. E-Museum ini juga akan dimanfaatkan sebagai sarana pelestarian dan promosi budaya lokal Sumatera Selatan terhadap dunia internasinal. Penelitian ini mengikuti tahapan kerangka kerja Siklus Hidup Pengembangan Sistem, yaitu : Requirement, Analysis, Desing, Implementation, Testing, Evaluation

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 18 Sep 2017 07:43
Last Modified: 18 Sep 2017 07:43
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3531

Actions (login required)

View Item View Item