Pengembangan Metode Ajar dengan Perangkat Lunak Ajar (Studi Kasus: Mata Kuliah Basis Data)

Megawaty, Megawaty (2017) Pengembangan Metode Ajar dengan Perangkat Lunak Ajar (Studi Kasus: Mata Kuliah Basis Data). SEMNASINOTEK. ISSN 2549-7952

[img] Text
M170009_Megawaty_semnasinotek.docx

Download (1MB)

Abstract

Mata kuliah Basis data merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa perguruan tinggi, terlebih lagi untuk mahasiswa yang mengambil konsentrasi bidang komputer, dalam pelaksanaan perkuliahan mata kuliah ini seharusnya difasilitasi dengan alat bantu yang dapat digunakan oleh dosen ataupun mahasiswa dalam proses belajar agar belajar tidak monoton. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengembangkan suatu metode ajar yang baru bagi mahasiswa untuk matakuliah basis data dengan membangun sebuah perangkat lunak ajar yang dapat digunakan sebagai alternatif belajar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan ADDIE. Dimana tahapannya terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah dengan dibangunnya perangkat lunak ajar Basis Data ini mahasiswa dapat mengetahui informasi mengenai Basis Data sesuai dengan materi ajar yang diberikan oleh dosennya, selain itu mahasiswa juga dapat melatih kemampuan dengan mengerjakan soal-soal ujian yang terdapat pada perangkat lunak ajar tersebut

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: Mrs Megawaty Megawaty
Date Deposited: 02 Aug 2017 11:55
Last Modified: 02 Aug 2017 11:55
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item View Item