PENGARUH METODE LATIHAN DAN MOTIVASI BERLATIH TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR BERMAIN BOLA BASKET PADA ATLETPEMULA

Riyan, pratama (2016) PENGARUH METODE LATIHAN DAN MOTIVASI BERLATIH TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR BERMAIN BOLA BASKET PADA ATLETPEMULA. SEMINAR NASIONAL KEOLAHRAGAAN DAN WORKSHOP NEUROMUSCULAR TAPING. pp. 326-336. ISSN ISBN 978-602-17477-4-2

[img]
Preview
Text
prosiding unnesa 2016.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://fik.unesa.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh latihan metode block practice, serial practice, dan random practice terhadap keterampilan dasar bermain bola basket, (2) perbedaan pengaruh latihan keterampilan dasar bermain bola basket antara atlet pemula yang memiliki motivasi tinggi dan rendah, dan (3) interaksi antara metode latihan (metode block practice, serial practice, dan random practice) dan motivasi terhadap peningkatan keterampilan dasar bermain bola basket. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 3 x 2. Populasi penelitian ini adalah atlet pemula yang berjumlah 56 atlet. Sampel penelitian ini 30 atlet yang diambil dengan teknik Rondom Sampling. Instrumen mengukur motivasi dengan menggunakan angket motivasi, untuk keterampilan dasar bermain bola basket menggunakan AAHPERD Basketball skill test. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA tiga jalur yang dilanjutkan dengan uji rentang Tukey pada taraf signifikan α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh latihan dalam peningkatan keterampilan dasar bermain bola basket menggunakan metode latihan block practice, serial practice, dan random practice yang signifikan (p = 0.000 < 0.05), (2) ada perbedaan pengaruh latihan keterampilan dasar bermain bola basket atlet pemula yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, terbukti dari, secara signifikan (p = 0.000 > 0.05), dan (3) ada interaksi antara interaksi antara metode latihan dan motivasi terhadap keterampilan dasar bermain bola basket bagi atlet pemular, terbukti dari nilai p = 0.04 < 0.05. Kelompok atlet pemula yang memiliki motivasi tinggi dan rendah lebih tepat jika dilatih dengan metode block practice

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Riyan Pratama, M.Or
Date Deposited: 31 May 2017 00:24
Last Modified: 31 May 2017 00:24
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item