PENGARUH METODE LATIHAN BLOCK PRACTICE, SERIAL PRACTICE DAN RANDOM PRACTICE TERHADAP PENINGKATAN AKURASI TEMBAKAN DUA ANGKA PADA PERMAINAN BOLA BASKET

Pratama, Riyan and Syahudi, Adi Wahyu (2016) PENGARUH METODE LATIHAN BLOCK PRACTICE, SERIAL PRACTICE DAN RANDOM PRACTICE TERHADAP PENINGKATAN AKURASI TEMBAKAN DUA ANGKA PADA PERMAINAN BOLA BASKET. In: SEMINAR NASIONAL OLAHRAGA TAHUN 2016 “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Era Digital”, 10 DESEMBER 2016, JAKARTA.

[img] Text
prociding semnas unj desember 2016.pdf

Download (3MB)
[img] Text
prociding semnas unj desember 2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan metode block practice, serial practice, dan random practice terhadap akurasi tembakan 2 angka. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Three Group Pretest-Posttests Design. Populasi penelitian ini adalah atlet putra UKM Bolabasket Universtias Binadarma yang berjumlah 30 atlet. Sampel penelitian ini 30 atlet yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen mengukur motivasi dengan menggunakan angket motivasi, untuk akurasi tembakan 2 angka menggunakan speed spot shoot AAHPRED basketball skill test. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA satu jalur yang dilanjutkan dengan uji rentang Tukey pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh latihan dalam peningkatan akurasi tembakan 2 angka menggunakan metode latihan block practice, serial practice, dan random practice yang signifikan (p = 0.846 > 0.05). Untuk meningkatkan akurasi tembakan 2 angka dalam permainan bola basket lebih tepat jika dilatih dengan block practice. Kata Kunci: Metode latihan , block practice, serial practice, random practice motivasi , akurasi tembakan 2 angka

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Metode latihan , block practice, serial practice, random practice motivasi , akurasi tembakan 2 angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Riyan Pratama, M.Or
Date Deposited: 03 Apr 2017 05:37
Last Modified: 03 Apr 2017 05:37
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3242

Actions (login required)

View Item View Item