ANALISIS KETERSEDIAAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SEMEN BATURAJA (Studi Kasus Konsumen Toko Bangunan Depot Delapan Sadara di Jakabaring) Giarti ¹, Lin Yan Syah ², M. Amirudin Syarif ² Dosen Universitas Bina Darma ²², Mahasiswa Universitas Bina Darma¹ Jalan Jendral Ahmad Yani No.12 Palembang Pos-el : giaarti26@gmail.com ¹, linyansyah@gmail.com ², Amirudinsyarif@binadarma.ac.id ² ABSTRACT : This study aims to determine how much influence the availability of products and product quality to customer satisfaction in the shop building Semen Balfour depot eight sisters in Jakabaring. The population in this study are all consumers Semen Balfour in Stores Building Depot Eight sisters in Jakabaring ever decide to buy Semen Balfour. The sample used in this study amounted to 78 people. In this study, researchers will use the formula slovin. The data used are primary data and secondary data. Methods of collecting data through questionnaires and interviews. The technique of analysis, using multiple linear regression, t test (partial) and F test (simultaneous). Results of the testing that has been done from this study showed that the calculation results of multiple linear regression is Y = 0.889 + 0.313 (X1) +0.455 (X2) + e. The test results are known t sig product availability rates of 5.614> A = 0.220, this shows that the influence of the availability of products to customer satisfaction. Then the rates of product quality sig 6.632 a = 0,220 hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh antara ketersediaan produk terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian tarif sig kualitas produk sebesar 6,632 < a = 0,220 hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F diketahui sebesar 86,791 < a = 0,000 hal ini berati variabel bebas secara bersama-sama atau simultan berfikir formal ketersediaan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci : Ketersediaan Produk, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan PENDAHULUAN A. Latar Belakang Semen merupakan bahan dasar dalam kegiatan pembangunan dalam bidang konstruksi, namun semen hanya mengambil porsi yang relatif kecil dalam biaya konstruksi, berkisar antara 4% -10 %. Walaupun demikian, sampai dengan saat ini belum ada material lain yang dapat menjadi substitusi sebagai pengganti semen, oleh karenanya industri semen akan tumbuh sejalan dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Oleh sebab itu dalam sebuah persaingan bisnis sebuah perusahaan atau toko wajib menyediakan berbagai macam produk bangunan yang sangat diperlukan untuk membangun suatu pembangunan daerah Palembang khususnya di bagian Jakabaring. Untuk menyediakan kebutuhan tersebut Toko Bangunan Depot Delapan Sadara di Jakabaring menyediakan berbagai macam bahan bangunan diantaranya semen, pasir, koral, dan batu bata pres. Dengan berbagai macam ketersediaan bahan bangunan tersebut semen merupakan salah satu bahan yang banyak diminati pelanggan karena toko tersebut tidak hanya menjual dalam hitungan besar melainkan juga dapat menjual dengan jumlah kecil atau eceran sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis mencoba mengangkat tema dan menganalisa Analisis Ketersediaan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Semen Baturaja (Studi Kasus Konsumen Toko Bangunan Depot Delapan Sadara di Jakabaring). B. Rumusan Masalah Rumusan masalah yang akan di kaji dan di analisa adalah : Apakah ketersediaan dan kualitas produk, berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan? C. Ruang Lingkup Penelitian Di dalam penulisan ini penulis membatasi pembahasan hanya pada : Analisis Ketersediaan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Semen Baturaja (Studi Kasus Konsumen Toko Bangunan Depot Delapan Sadara di Jakabaring). LANDASAN TEORI DAN KERANGKA BERFIKIR A. Pengertian Ketersediaan Ketersediaan adalah kesiapan suatu sarana (tenaga, barang, modal, anggaran) untuk dapat digunakan atau dioperasikan dalam waktu yang telah ditentukan. Menurut Umar (2008:106) menyatakan bahwa perencanaan kualitas merupakan aktivitas pengembangan dari produk dan proses untuk memenuhi keinginan dan menjamin kepuasan terhadap konsumen, dengan tahapan menentukan siapa konsumen, menentukan kebutuhan atau keinginan konsumen dan mengembangkan proses sebagai pedoman bagian produksi. B. Kualitas Produk Istilah produk mencakup didalamnya barang dan jasa. Hal tersebut berdampak kepada biaya yang terkandung di dalam produk tidak sekedar biaya produksi melainkan total biaya produk sampai ditangan konsumen untuk dikonsumsi. C. Pelanggan Pelanggan merupakan prospek dari aktivitas pemasaran. Menurt Barata pelanggan dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu : 1. Pelangan Internal 2. Pelangan Eksternal D. Kepuasan Konsep pemasaran saat ini merupakan suatu orientasi manajemen yang mengasumsikan bahwa “konsumen adalah raja” .Konsumen ditempatkan pada posisi yang utama utntuk dilayani atau dupiaskan kebutuhannya (Rismiati,2001:189) Konsep pemasaran ini dilaksankan dalam rangka upaya perusahaan untuk memberikan kepuasana kepada pihak konsumen secara lebih efektif dan efesisen bila dibanding pesaing. METODOLOGI PENELITIAN A. Jenis Penelitian Jenis pada penelitian ini adalah penelitian survey, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menyusun daftar pernyataan yang diajukan pada responden dalam berbentuk sampel dari sebuah populasi dan peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. B. Lokasi Penelitian Penulis melakukan penelitian di Jl. Pangeran Ratu/Jakabaring, RT 24, RW 07, Kel. 15 ULU, Kec. Sebrang Ulu 1 di Toko Bangunan Depot Delapan Sadara Sejahtera di Jakabaring. C. Populasi dan Sampel Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang mempunyai kualitas tertentu yang ditetapkan oleh penelitian untuk dipelajari untuk kemudian ditarik kesimpulan (Sugiyono, 2008). Dalam penelitian ini ukuran sampel yang digunakan adalah rumus Slovin (Umar, 2011:78), yaitu sebagai berikut: D. Metode Penelitian a. Data Primer Data primer adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti dari obyek penelitian. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dan dikumpulkan langsung dari lokasi penelitian melalui kuisioner yang diberikan kepada para pelanggan toko dan proyek yang ditetapkan sebagai responden. b. Data Sekunder Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh pihak lain dan telah tersedia pada saat penelitian dilakukan. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari profil PT. Semen Baturaja. E. Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: a. Studi pustaka, dimaksudkan untuk mendapatkan kajian dasar teoritis yang relevan dengan masalah yang diteliti. b. Kuisioner, pengumpulan data dengan menggunakan daftar pernyataan yang digunakan untuk mengetahui persepsi responden terhadap beberapa variabel yang dipertimbangkan c. Wawancara, pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab secara langsung dengan nara sumber agar mendapatkan informasi yang tidak terakomodasi dari kuisioner. d. Teknik dokumentasi dari dokumen yang ada di PT. Semen Baturaja (persero) yang berkaitan dan diperlukan dalam penelitian ini. F. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen a. Uji Validitas Instrumen Koefisien validitas menggambarkan tingkat kemampuan instrumen untuk mengungkap data atau informasi dari variabel yang diukur. Teknik pengujian validitas menggunakan teknik korelasi product moment dari pearson dengan tingkat signifikansi 5% untuk menge-tahui keeratan pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat dengan cara mengkorelasikan antara skor item pernyataan terhadap skor total. b.Uji ReliabilitasInstrumen Reliabilitas adalah tingkat kemampuan suatu instrumen penelitian untuk dapat mengukur suatu variabel secara berulangkali dan mampu menghasilkan informasi atau data yang sama atau sedikit sekali bervariasi. G. Analisis Data a. Analisis Deskriptif Tujuan analisis deskriptif adalah untuk menjelaskan/mendiskripsikan karakteristik responden maupun variabel yang diteliti b. Analisis Regresi Linier Berganda Penelitian ini juga menggunakan analisis inferensial untuk menguji pengaruh antara variabel-variabel dalam pengaruhan kualitas produk, harga dan layanan terhadap kepuasan pelanggan dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan. H. Pengujian Hipotesis a. Uji Hipotesis T Untuk menguji hipotesis kedua atau analisis secara parsial dan hipotesis ketiga atau analisis pengaruh dominan, alat uji yang digunakan adalah koefisien korelasi parsial (r) atau koefisien regresi berganda (ß). b. Uji Hipotesis F Untuk menguji hipotesis F atau analisis secara simultan digunakan 2 alat uji koefisien korelasi berganda (R) dan koefisien determinasi berganda (R ). HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Sejarah Singkat Dan Visi-Misi, Motto Toko Bangunan Depot Delapan Sadara Sejahtera diJakabaring Toko Bangunan Depot Delapan Sadara Sejahtera dijakabaring merupakan perusahaan pribadi, berdiri pada tanggal 27 November 2015, dengan akte izin pembangunan No. 503 dengan tujuan ingin mengembangkan usaha perdagangan menjadi lebih maju. Berlokasi di jalan Pangeran Ratu/Jakabaring, RT, 24, RW, 07, Kel, 15 ULU, Kec SU 1. B. Struktur Organisasi Perusahaan Sebuah organisasi agar semua kegiatan berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan, perlu adanya suatu struktur organisasi dan pembagian kerja yang jelas. Gambar 4.1 Struktur Toko Bangunan Depot Delapan Sadara Sejahtera diJakabaring OWNER/PEMILIK STAFF GUDANG KASIR PELAYANAN PENGANTAR BARANG/ SUPIR Sumber : Toko Bangunan Bangunan Depot Delapan Sadara Sejahtera diJakabaring. C. Deskripsi Hasil Penelitian Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian. Cara penarikannya mengunakan rumus slovin , yaitu n = ukuran sampel, N = ukuran populasi dan e = Kelonggaran ketidak telitian karena kesalahan sampel yang dapat diterima, jadi = 78,260 dan dibulatkan menjadi 78 orang, dengan menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 78 orang pelanggan (responden), yang bertindak sebagai sampel. a) Karakteristik Responden Menurut Jenis Kelamin Konsumen Tabel 4.1 Jenis Kelamin Konsumen Jenis Kelamin Konsumen Jenis Kelamin Jumlah Presentase Laki - Laki 47 60% Perempuan 31 40% Jumlah 78 100% Sumber : Diolah dari data primer Berdasarkan grafik dan tabel diatas menunjukan bahwa dari responden sebanyak 78 pelanggan, penulis mendapatkan 47 pelanggan atau 60% konsumen laki-laki dan 31 orang atau 40% konsumen berjenis kelamin perempuan. b) Karakteristik Responden Menurut Usia Pelan Tabel 4.2 Karakteristik Responden Menurut Usia Konsumen Data Usia Konsumen Usia Jumlah Presentasi <20 9 11% 20-30 13 17% 30-40 26 33% 40-50 20 26% >50 10 13% Jumlah 78 100% Sumber : Diolah dari data primer Bedasarkan grafik dan tabel diatas menunjukan bahwa responden yang berusia <20 tahun sebanyak 9 orang, konsumen yang berusia 20-30 tahun sebanyak 13 orang, konsumen berusia 30-40 tahun sebanyak 26 orang, konsumen yang berusia 40-50 tahun sebanyak 20 orang dan konsumen yang berusia diatas 50 tahun keatas yaitu sebanyak 10 orang. D. Kuisioner Ketersediaan Produk Tabel 4.3 Variabel Ketersediaan Produk (X1) No Pernyataan Jawaban Jumlah Rata- rata Total SS S RR TS STS Skor Nilai 1 X1.1 19 24 19 16 0 280 3,58 B (Baik) 24% 31% 24% 21% 0 100% 2 X1.2 27 31 18 2 0 317 4,06 B (Baik) 35% 40% 23% 2% 0 100% 3 X1.3 17 25 22 14 0 279 3,57 B (Baik) 22% 32% 28% 18% 0 100% 4 X1.4 24 29 20 5 0 306 3,92 B (Baik) 31% 37% 26% 6% 0 100% 5 X1.5 23 33 17 5 0 342 4,38 SB (Sangat baik) 30% 42% 22% 6% 0 100% 6 X1.6 13 26 35 4 0 282 3,61 B (Baik) 17% 33% 45% 5% 0 100% Rata-rata 3,9 Berdasarkan hasil kuesioner dari variabel ketersediaan produk (X1) adanya nilai rata-rata terbesar 4,38 pada pernyataan X1.5 jumlah produk PT. Semen Baturaja sudah terjamin untuk dipakai. Hal ini menunjukkan bahwa daya saing ketersediaan dengan kualitas produk sangat bagus. E. Kuisioner Kualitas Produk Tabel 4.4 Variabel Kualitas Produk (X2) No Pernyataan Jawaban Skor nilai Jumlah rata- rata Total SS S RR TS STS 1 X2.1 19 24 19 16 0 280 3,58 B (Baik) 24% 31% 24% 21% 0 100% 2 X2.2 27 33 16 2 0 319 4,08 B (Baik) 35% 42% 21% 2% 0 100% 3 X2.3 17 25 22 14 0 279 3,57 B (Baik) 22% 32% 28% 18% 0 100% 4 X2.4 23 30 20 5 0 308 3,94 B (Baik) 29% 39% 26% 6% 0 100% Rata-rata 3.8 Berdasarkan hasil kuesioner dari variabel kualitas produk (X2) adanya nilai rata-rata terbesar 4,08 yaitu pada pernyataan X2.2 Daya tahan kemasan yang dapat bertahan lama. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk sesuai dengan produk yang ditawarkan dan berkualitas. F. Kuisioner Kepuasaan Pelanggan Tabel 4.5 Variabel Kepuasaan Pelanggan (Y) No Pernyataan Jawaban Skor nilai Jumlah rata- rata Total SS S RR TS STS 1 Y1 19 24 19 16 0 280 3,58 B (Baik) 24% 31% 24% 21% 0 100% 2 Y2 27 31 18 2 0 317 4,06 B (Baik) 35% 40% 23% 2% 0 100% 3 Y3 17 25 22 14 0 279 3,57 B (Baik) 22% 32% 28% 18% 0 100% 4 Y4 24 29 20 5 0 306 3,92 B (Baik) 31% 37% 26% 6% 0 100% 5 Y5 23 33 17 5 0 342 4,38 SB (Sangat Baik) 30% 42% 22% 6% 0 100% Rata-rata 3.9 Berdasarkan hasil kuesioner dari variabel kepuasaan pelangan (Y) diketahui nilai rata-rata terbesar 4,38 yaitu pada pernyataan Y5Selalu melakukan pembelian semen baturaja secara berulang. Hal ini menunjukkan bahwa memilih produk sangatlah penting. G. Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Hasil pengujian validasi item kuisioner menunjukkan bahwa seluruh item pernyataan dalam setiap variabel X1,X2 dan Y memiliki nilai korelasi diatas 0,220 sehingga nilai batas suatu item kuisioner penelitian dikatakan dapat digunakan (dapat diterima), sehingga dapat dikatakan bahwa item angket variabel berfikir formal X1, X2 dan Y valid dan dapat digunakan untuk mengukur variabel yang diteliti. Tabel 4.6 Hasil Perhitungan Validitas Variabel Ketersediaan Produk (X1) Item r Hitung r Tabel Keterangan Item 1 0.534 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 2 0.319 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 3 0.419 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 4 0.352 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 5 0.424 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 6 0.405 0,220 r hitung = r tabel Valid Tabel 4.7 Hasil Perhitungan Validitas Variabel Ketersediaan Produk (X2) Item r Hitung r Tabel Keterangan Item 1 0.593 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 2 0.314 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 3 0.453 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 4 0.365 0,220 r hitung = r tabel Valid Tabel 4.8 Hasil Perhitungan Validitas Variabel Kepuasan Pelanggan (Y) Item r Hitung r Tabel Keterangan Item 1 0.593 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 2 0.314 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 3 0.453 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 4 0.365 0,220 r hitung = r tabel Valid Item 5 0.473 0,220 r hitung = r tabel Valid Hasil Uji Reliabilitas Uji Reliabilitas digunakan untuk mengukur tingkat kekonsistenan tanggapan responden terhadap item pernyataan angket berdasarkan pemahaman responden terhadap pertanyaan-pertanyaan dalam kuisioner yang diajukan . Tabel 4.9 Hasil Uji Reliabilitas Ketersediaan Produk Reliability Statistics Cronbach's Alpha N of Items ,031 6 Tabel 4.10 Hasil Uji Reliabilitas Kualitas Produk Reliability Statistics Cronbach's Alphaa N of Items ,038 4 Tabel 4.11 Hasil Uji Reliabilitas Kepuasan Pelanggan Reliability Statistics Cronbach's Alphaa N of Items ,011 5 Sumber : Data Primer yang diolah Hasil uji reliabilitas tersebut menunjukkan semua variabel mempunyai koefisien alpha yang cukup besar yaitu diatas 0,632 sehingga dapat dikatakan semua konsep pengukur masing-masing variabel dari kuisioner adalah reliabilitas sehingga untuk selanjutnya item-item pada masing- masing konsep variabel tersebut layak digunakan sebagai alat ukur H. Analisis Pengujian Table 4.7 Ringkasan Hasil Analisis Regresi Coefficientsa Model Unstandardized Coefficients Standardized Coefficients T Sig. B Std. Error Beta 1 (Constant) ,899 ,226 3,982 ,000 ketersediaan produk ,313 ,056 ,432 5,614 ,000 kualitas produk ,455 ,069 ,511 6,632 ,000 a. Dependent Variable: kepuasan pelanggan Sumber : Data Primer yang telah diolah oleh SPSS Berdasarkan hasil dari regresi yang terdapat dari tabel ditunjukan persamaan regresi analisis ketersediaan dan kualitas produk terhadap kepuasaan pelanggan adalah sebagai berikut Y= 0.899 + 0.313 X1 + 0,455 X2 +e . Berdasarkan pada perhitungan statistik yang ditunjukkan pada tabel 4.8 maka diperoleh nilai kolerasi (R) sebesar 0,836 menunjukkan bahwa antara variabel independen yaitu analisis ketersediaan dan kualitas produk mempunyai hubungan keeratan yang sangat kuat dengan variabel independen yaitu kepuasaan pelanggan. Tabel 4.9 Tabel Koefisien Korelasi atau Nilai r Koefisien Interval Tingkat Hubungan 0,00-0,19 Sangat Lemah 0,20-0-399 Lemah 0,40-0,599 Cukup 0,60-0,799 Kuat 0,80-1,00 Sangat Kuat Sumber: Sugiono, 2005 : 175 I. Uji Persial (Uji T) Table 4.10 Uji Persial (Uji T) Coefficientsa Model Unstandardized Coefficients Standardized Coefficients T Sig. B Std. Error Beta 1 (Constant) ,899 ,226 3,982 ,000 ketersediaan produk ,313 ,056 ,432 5,614 ,000 kualitas produk ,455 ,069 ,511 6,632 ,000 a. Dependent Variable: kepuasan pelanggan Sumber : Data Primer yang dioleh oleh SPSS 20 Berdasarkan hasil pengujian secara parsial kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dengan mengunakan program SPSS seperti pada table 4.10 diperoleh t hitung sebesar 5,614 > t tabel 0,220 dengan tarif signifikasi sebesar 0,000 < a = 0,05 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukka bahwa adanya pengaruh antara analisis ketersediaan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial analisis ketersediaan terhadap kepuasan pelanggan dengan mengunakan program SPSS seperti pada table 4.10 diperoleh t hitung sebesar (6,632) dengan tarif signifikan sebesar 6,632 > t tabel 0,220 dengan tarif sinifikasi sebesar 0,000> a = 0,05 dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukka bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. J. Uji Simultan (Uji F) Uji F digunakan untuk koefisien (slope) regresi secara bersama-sama Nachrowi dan Usman, 2006 : 16). Dari perhitungan penguji hipotesis dengan perbandingan F tabel dengan df1 = derajat pembilang 2 dan df2 = derajat penyebut ini didapat untuk taraf 5%. Tabel 4.11 Uji F ANOVAa Model Sum of Squares Df Mean Square F Sig. 1 Regression 9,517 2 4,758 86,791 ,000b Residual 4,112 75 ,055 Total 13,629 77 a. Dependent Variable: kepuasan pelanggan b. Predictors: (Constant)ketersediaan dan kualitas produk Sumber : Data Primer yang telah diolah oleh SPSS 20 Berdasarkan hasil perhitungan tabel diatas diperoleh nilai F sebesar 86,791 dengan signifikasi sebesar 0,000 (sangat kecil) lebih kecil dari 0,05 adalah signifikan dari a = 5%. Persamaan regresi dapat dinyatakan signifikan yang berarti bahwa secara bersama berfikir formal analisis ketersediaan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. K. Pembahasan Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dikemukakan oleh penulis, maka dapat diketahui bahwa hasil uji F dilihat dari regresi yang menunjukkan angka signifikan probabilitas F – hitung sebesar 86,791 > F – tabel 0,000 tarif signifikasi 0,000 < a = 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti analisis ketersediaan dan kualitas produk secara signifikan berpengaruh secara serentak (simultan) terhadap kepuasan pelanggan pada toko bangunan depot delapan sadara sejahtera dijakabaring. Nilai rata-rata bobot pernyataan tertinggi kuisioner ketersediaan produk (X1) sebesar 4,38 karena berada pada interval 4,2- 5. Nilai rata-rata botot peryataan tertinggi kuisioner kualitas produk (X2) sebesar 4,08 karena berada pada interval 3,4 – 4,19. Nilai rata-rata bobot pernyataan tertinggi kuisioner kepuasaan pelanggan (Y) sebesar 4,38 karena berada pada interval 3,4 – 4,19. Berdasarkan hasil dari validitas variabel ketersediaan produk diperoleh nilai koefisiensinya sebesar 0,534 > r tabel 0,220 Berdasarkan hasil dari validitas variabel kualitas produk diperoleh nilai koefisiensinya sebesar 0,593 > r tabel 0,220. Berdasarkan hasil dari validitas variabel kepuasan pelanggan dengan nilai koefisiennya sebesar 0,593 > t tabel 0,220 Berdasarkan hasil pengujian validasi item kuisioner menunjukkan bahwa seluruh item pernyataan dalam setiap variabel X1,X2 dan Y memiliki nilai korelasi diatas 0,220 sehingga nilai batas suatu item kuisioner penelitian dikatakan dapat digunakan (dapat diterima), sehingga dapat dikatakan bahwa item angket variabel berfikir formal X1, X2 dan Y valid dan dapat digunakan untuk mengukur variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,698 atau 69,8%. Menunjukkan bahwa persentase sumbangan yaitu diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 69,8% sedangkan sisanya 30,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini tetapi dijelaskan pada penelitian terdahulu. KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpula Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Berdasarkan hasil uji t hitung 5,614 > t tabel 0,000 dengan tarif signifikan sebesar 0,000 < a = 0.05. didapat disimpulkan bahwa analisis ketersediaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. 2. Berdasaran hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan karena t hitung sebesar (6,632) dengan tarif signifikan sebesar 6,632 > t tabel 0,220 dengan tarif signifikasi sebesar 0,000 > a = 0,05. 3. Berdasarkan hasil uji f menunjukkan bahwa analisis ketersediaan dan kualitas produk secara simultan 86,791 > atau 0,000 atau 0,000 < a = 0,05, maka ada pengaruh yang signifikan dari analisis ketersediaan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. B. Saran Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: 1. Kualitas produk perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan karena kualitas produk termasuk dalam kategori tinggi. 2. Penyediaan produk lebih ditingkatkan lagi karena banyaknya konsumen yang memakai produk semen. 3. Pelayanan ditingkatkan lagi agar pelanggan merasa lebih nyaman ketika membeli produk ditoko bangunan.