Pengukuran Layanan Internet Terhadap pengguna Dan Melakukan Pengukuran Terhadap Parameter QOS

Nova Wardani, Kiki Rizky and Wijaya, Alek (2016) Pengukuran Layanan Internet Terhadap pengguna Dan Melakukan Pengukuran Terhadap Parameter QOS. Applicable Innovation of Engineering and Science Researches (Avoer). pp. 472-483. ISSN 979-587-617-1

[img] Text
seminar.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat telah banyak membawa perubahan dalam hidup manusia saat ini. Salah satu perubahan utama di bidang telekomunikasi adalah penggunaan teknologi jaringan internet. Penggunaan jaringan internet dalam sebuah organisasi tidak terlepas dari berbagai macam permasalahan yang ada terutama yang berkaitan dengan kualitas layanan jaringan dan tingkat kepuasan dari pengguna layanan. Memberikan layananan jaringan internet yang berkualitas dan memenuhi kepuasan penggunanya merupakan kewajiban dari organisasi terkait. Untuk pemenuhan atas kebutuhan tersebut kapasitas bandwidth yang digunakan sering dijadikan parameter dari kualitas jaringan yang dimiliki, disisi lain managemen jaringan juga sangat berpengaruh dalam mewujudkan jaringan yang berkualitas. Pengguna internet atau yang melakukan akses ke internet semakin meningkat. maka akan berdampak pada trafik jaringan pun akan semakin meningkat sehingga kinerja jaringan pun akan bervarasi, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya beberapa masalah seperti menurunnya kecepatan konektifitas jaringan, delay, kehilangan data dalam pengiriman / packet loss dan akan mengakibatkan nilai jitter akan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan internet demi mendapatkan kepuasaan pengguna yang tentu saja akan memberikan jaminan positif terhadap kinerja pelayanan internet. Teknik analisa yang dipergunakan untuk menganalisis data adalah analisis SEM (Structural Equation Model) variabel yang digunakan dalam menganalisis adalah sebagai berikut : variabel kepuasan pengguna, variabel kualitas pelayanan internet variabel kecepatan konektifitas, Dan pengukurannya menggunakan parameter Quality of service (QoS). Hasil analisa kemudian diinterpretasikan dan langkah terakhir disimpulkan serta diberikan saran. Kata Kunci: Quality Of Service, Structural Equation Modelling, Kepuasan Pengguna, Layanan Internet

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Alex Wijaya
Date Deposited: 08 Feb 2017 02:54
Last Modified: 08 Feb 2017 02:54
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item View Item