ANALISIS DAN RANCANGAN PERANGKAT LUNADAN RANCANGAN PERANGKAT LUNAK PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) BERORIENTASI OBJEK Majduddin 1 , Jemakmun 2 , Andri 2 Dosen Universitas Bina Darma 2, Mahasiswa Universitas Bina Darma 1 Jalan Jenderal Ahmad Yani No.12 Palembang 1 Pos-el : majduddin91@gmail.com , @mail.binadarma.ac.id2 , andri@mail.binadarma.ac.id2 Abstract : Effectiveness and efficiency of the use of computers to be a very important thing in the day -the day man. Office work is now largely dependent on computers. Analysis in making Police Notes (SKCK) considered necessary because there are still somewhat less than the maximum in the utilization of the computer it self. The police are still difficulties in collecting the data and search SKCK that has been made and takes quite a long time in the making SKCK. Follow-up the authors will make the design of software that can improve the performance of the police, especially police Kalidoni SKCK unit. The author will use several tools Rational Rose software is one that is expected to facilitate the author's work on the proposal. Great expectations with the authors of this study for the creation of a prototype design of a software quality improvement benchmarks media against the police service to the community. Keywords: Analysis, design, SKCK, UML Abstrak : Efektifitas dan efesiensi penggunaan komputer menjadi suatu hal yang sangat penting dalam kegiatan sehari – hari manusia. Pekerjaan perkantoran saat ini sudah sebagian besar tergantung dengan komputer. Analisis dalam pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dinilai perlu sebab masih terbilang kurang maksimal dalam pemanfaatan komputer itu sendiri. Pihak kepolisian masih kesulitan dalam mengumpulkan dan pencarian data SKCK yang sudah pernah di buat dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatan SKCK. Tindak lanjutnya penulis akan membuat rancangan perangkat lunak yang dapat meningkatkan kinerja pihak kepolisian terutama unit SKCK Polsek Kalidoni. Penulis akan menggunakan beberapa tools salah satunya Rational Rose software yang diharapkan mampu mempermudah penulis dalam mengerjakan proposal ini. Besar harapan penulis dengan adanya penelitian ini agar terciptanya suatu rancangan prototipe perangkat lunak yang menjadi media tolak ukur peningkatan mutu terhadap pelayanan pihak kepolisian kepada masyarakat. Kata kunci: Analisis, Rancangan, SKCK, UML 1. PENDAHULUAN Perkembangan dunia teknologi sekarang sudah semakin modern. Tidak heran jika banyak bermunculan hardware atau software yang dapat membantu kemudahan dalam penggunaan pemakai (User). Dalam sebuah organisasi atau instansi pemerintahan sebagian besar juga sudah menggunakan alat yang berteknologi modern misalkan saja Personal Computer (PC), Notebook, tablet, dan lain lain. Teknologi yang menyimpan informasi sekarang ini sudah semakin berkembang dan mulai memasuki segala aspek kehidupan, baik dari segi politik, social dan budaya. Sebagian Analisis dan Rancangan Perangkat Lunak Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian(SKCK) Berorientasi Objek. (Studi Kasus: Polsek Kalidoni) (Majduddin) 1 besar pihak aparatur negara saat ini sudah menggunakan PC untuk menunjang efektifitas dan efisiensi kerjanya. Misalkan saja pihak kepolisian sudah meninggalkan mesin tik untuk membuat laporan dan beralih ke PC, akan tetapi penggunaan PC tersebut masih sangat standar dalam beberapa hal yang semestinya bisa lebih dikembangkan lagi. menggunakan PC untuk menunjang efektifitas dan efisiensi kerjanya. Misalkan saja pihak kepolisian sudah meninggalkan mesin tik untuk membuat laporan dan beralih ke PC, akan tetapi penggunaan PC tersebut masih sangat standar dalam beberapa hal yang semestinya bisa lebih dikembangkan lagi. Berdasarkan tinjauan langsung ke salah satu markas kepolisian di kota Palembang, sudah saya temukan beberapa perangkat lunak yang dapat membantu pihak kepolisian dalam membantu dan melayani masyarakat yang ingin mengurus berbagai macam surat menyurat. Misalkan saja perangkat lunak untuk pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi), memperbaharui STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Fasilitas tersebut dapat membantu dan mempermudah pihak kepolisian itu sendiri dan tentunya pengurus surat tersebut tidak perlu menunggu terlalu lama dibandingkan dengan cara yang digunakan sebelumnya, yang bisa memakan waktu lebih lama. (Bintarika:2009). Permasalahan yang saya temui dalam penelitian ini yaitu belum terdapatnya suatu perangkat lunak yang membantu pihak kepolisian untuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Tempat yang menjadi studi kasus saya yakni POLSEK Kalidoni memang sudah menggunakan PC, akan tetapi penggunaan PC tersebut belum maximal seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya. Seandainya terdapat warga yang ingin membuat SKCK mereka (Polsek Kalidoni) menggunakan pengolahan kata umumnya sebagai tool dan media penyimpanannya berupa arsip yang disimpan pada suatu meja arsip. Data data tersebut sulit untuk dipanggil jika dalam beberapa tahun kemudian warga yang sama ingin membuat SKCK yang sama. Kurang efisien dan efektifnya hal tersebut dan kemungkinan hilangnya arsip menjadi masalah di kemudian hari. Berdasarkan penjelasan di atas dan masih minimnya penggunaan PC dalam kegiatan pembuatan SKCK. Penulis berinisiatif ingin membuat sebuah rancangan perangkat lunak yang bisa membantu pihak kepolisian dalam meminimalisir waktu dan penyimpanan data yang lebih baik dari sebelumnya. 1.2 Perumusan Masalah Melihat latar belakang masalah di atas dan juga dari referensi sebelumnya, maka dapat dirumuskan masalah yang akan dibahas adalah “Bagaimana menganalisis dan merancang perangkat lunak pembuatan SKCK menggunakan metode Object Oriented Analysis Design (OOAD) ?”. 1.3 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak yang dapat digunakan dalam membantu kinerja pihak kepolisian untuk membuat SKCK secara lebih efektif dan efisien dan merancang perangkat lunak penyimpanan data yang praktis untuk mengurangi penumpukan arsip. 1.4 Manfaat Penelitian Sesuai dengan latar belakang dan tujuan penulisan di atas, maka penulis penelitian ini diharapkan mampu memberikan suatu solusi dan sarana agar lebih praktis dan efisien lagi ke depannya. Adapun manfaat yang ingin dicapai dalam penulisan penelitian ini adalah sebagai berikut : Jurnal Imiah xxxxxxxxxxxx Vol.x No.x, Februari 2013:1 -16 1) Bagi pihak Polsek Kalidoni, mendukung fasilitas aparat kepolisian dalam menangani pembuatan SKCK agar lebih efektif dan efisien dengan rancangan yang ada juga bisa menyimpan data pengaju / pemohon SKCK dengan lebih baik. Serta, diharapkan rancangan PL yang dibuat dapat mengurangi penumpukan arsip pengaju SKCK. 2) Bagi Pengaju / Pembuat SKCK, dapat mengurangi waktu tunggu menjadi lebih singkat dan mempermudah pada saat ingin memperpanjang SKCK. 3) Bagi Penulis, dapat mengembangkan dan menerapkan ilmu yang didapat dalam keseharian belajar untuk diterapkan, berguna dan bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat dan menyelesaikan skripsi 2. METODOLOGI PENELITIAN 2.1 Waktu dan Tempat penelitian Penelitian dilakukan di Polsek Kalidoni Palembang yang beralamat di jalan Dr. Ir. Sutami (30119) Palembang, dari bulan November 2012 sampai dengan Februari 2013. 2.2 Alat dan Bahan Adapun alat dan bahan yang diperlukan dalam penelitian ini antara lain mengunakan perangkat keras: Komputer/laptop dengan spesifikasi Laptop Advan G2D-40S intel dual core, Harddisk dengan kapasitas 160GB, Mouse, Printer Canon MP258, Flashdisk Thumnail 8Gb. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan yaitu 1. Sistem Operasi Windows XP versi Sp-3. 2. SQL server 2000 sebagai basis data, 3. Visual Basic.net 2008 sebagai bahasa pemrograman yang digunakan. 4. Crystal Report 5. Microsoft Office 2007 sebagai pengolahan kata 6. Rational Rose sebagai pemodelan rancangan berorientasi objek 2.3 Metode penelitian Metode pengembangan Prototype adalah metode pengembangan dengan membuat model kerja yang bersifat optional dengan tujuan untuk mengidentifikasi sistem yang berjalan dan memberikan penambahan fitur baru serta mengevaluasi kelayakan dan kemungkinan yang terjadi dari desain sistem yang dikembangkan (Indrajani, 2002: 56). Dalam pengembangan perangkat lunak digunakan metode prototyping/ pemodelan menurut Pressman (2002 : 99) yang terdiri atas 1. Requirements Gathering, yaitu analisa terhadap kebutuhan dari calon pengguna: a. Pengumpulan data : Mengumpulkan data yang berkaitan dengan perangkat lunak yang akan dibangun. b. Analisis data : Menganalisa data- data yang sudah terkumpul agar dapat dilihat kebutuhan yang diinginkan klien. 2. Quick Design, yaitu pembuatan desain global untuk membentuk perangkat lunak prototipe : a. Membuat desain / rancangan secara keseluruhan yang akan digunakan oleh calon pemakai. b. Desain yang dibuat hanya berupa prototipe yang masih dalam bentuk rancangan. 3. Built Prototype, yaitu pembuatan perangkat lunak prototipe, termasuk di dalamnya adalah pengujian dan penyempurnaan prototipe : Analisis dan Rancangan Perangkat Lunak Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian(SKCK) Berorientasi Objek. (Studi Kasus: Polsek Kalidoni) (Majduddin) 3 a. Desain yang sudah dipilih akan dibuat perangkat lunak prototipe-nya dengan aplikasi yang sesuai dengan keinginan pengguna b. Perangkat lunak yang sudah dibuat prototipe-nya akan diuji kebenarannya dan kehandalannya, sehingga nantinya akan dibuat prototipe sebenarnya. 4. Evalute and Refine Requirements, yaitu mengevaluasi prototipe dan memperhalus analisis kebutuhan calon pengguna : a. Prototipe yang sudah diuji dan disempurnakan dievaluasi kebenaran dan kemampuannya terhadap sistem b. Kebutuhan calon pengguna yang dianalisis dilihat kesesuaiannya terhadap perangkat lunak yang dibangun 5. Engineer Product, yaitu pembuatan perangkat lunak yang sebenarnya. 2.4 Metode pengumpulan data 2.4.1. Sumber Data Primer Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi langsung. Wawancara dan berdasarkan penelitian atau sumber buku yang berkaitan dengan objek penelitian. 1. Observasi Merupakan metode pengumpulan data dengan cara mengadakan pengamatan langsung kepada objek penelitian dalam hal pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) POLSEK Kalidoni Palembang. 2. Wawancara Merupakan salah satu teknik dalam pengumpulan data dengan cara mengadakan tanya jawab atau wawancara langsung kepada bagian administrator (user) pada bagian unit pembuatan SKCK POLSEK Kalidoni Palembang. 3. Daftar Pustaka Mengumpulkan data dengan mempelajari masalah yang berhubungan dengan objek yang diteliti serta bersumber dari buku-buku pedoman, literatur yang disusun oleh para ahli dalam bidang tersebut untuk melengkapi data yang diperlukan dalam penelitian. 3 HASIL Setelah melewati berbagai macam tahapan dalam analisis dan rancangan perangkat lunak pembuatan SKCK, maka diperoleh suatu rancangan berupa prototipe perangkat lunak pembuatan SKCK. Sebelum penggunaan perangkat lunak harus diinstalasi terlebih dahulu. Perangkat lunak yang akan diinstal terdiri dari beberapa form, diantaranya : form login, form utama yang menampilkan berbagai macam pilihan menu, form untuk menginputkan data, form untuk menghapus dan mengubah data, serta form yang menampilkan data berupa laporan sederhana. Adapun spesifikasi perangkat lunak yang akan diinstalasi secara detail memiliki ketentuan mengenai hardware, software, dan brainware sebagai berikut : 1. Software Perangkat lunak dibuat dengan menggunakan Microsoft Visual Basic.NET 2008 2. Hardware Perangkat keras yang direkomendasikan dalam hal menunjang jalannya perangkat lunak yang telah dirancang agar dapat dioperasikan secara optimal, maka dibutuhkan seperangkat personal computer dengan spesifikasi sebagai Jurnal Imiah xxxxxxxxxxxx Vol.x No.x, Februari 2013:1 -16 Pada Polsek CIBITUNG, Skripsi, Universitas Gunadarma. , Skripsi, Universitas Gunadarma. Budiyati, Ika. (2005). Analisis dan Perancangan Sistem Pengolahan Data Absensi dan Lembur Karyawan pada KOPEGTEL Dinasti Jakarta Timur dengan Pendekatan Berorientasi Objek Menggunakan UML, Skripsi, Universitas Gunadarma Hermawan, Julius. (2003). Analisa & Desain Pemrograman Berorientasi Objek Dengan UML dan Visual Basic.NET, ANDI, Yogyakarta Rusmawan, Uus (2011), Koleksi Program VB.NET, PT Elex Media Komputindo, Jakarta Sadeli,Muhammad (2010), Aplikasi Penjualan dengan Visual Basic 2008, Maxikom, Palembang. Shalahuddin, M dan Rosa A.S (2011). Modul Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung. Siallagan, Sariadin (2009), Pemrograman Java, ANDI, Yogyakarta. Sibero, Alexander F.K (2010), Dasar – Dasar VisualBasic. NET, Mediakom, Yogyakarta. Sukarno, Mohamad (2006), Sistem cepat dan Mudah Menguasai Visual Basic.NET, Eska Media Press, Jakarta. Tristianto, Didik (2007), “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi”. http://dianpuspita.dosen.narotama.ac. id/files/2011/04/materi-1.pdf Diakses 13 Desember 2012. Widodo, Probowo Pudjo dan Herlawati (2011), Menggunakan UML, Informatika Bandung, Bandung. Jurnal Imiah xxxxxxxxxxxx Vol.x No.x, Februari 2013:1 -16