MENGUKUR KUALITAS PORTAL RUMAH BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Helda, Yudiastuti and Megawaty, Megawaty MENGUKUR KUALITAS PORTAL RUMAH BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. jurnal matriks, 17 (2).

[img] Text
JURNAL MATRIK AGUSTUS 2015.docx

Download (199kB)
[img]
Preview
Image
cover(hal1).jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
daftar isi(hal3).jpg

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Image
comite(hal2).jpg

Download (400kB) | Preview

Abstract

Pemerintah terus mengupayakan pemberdayaan potensi internet untuk kebutuhan pendidikan. Salah satu upaya yang dikembangkan adalah membuat portal untuk pembelajaran, salah satu diantaranya adalah Rumah Belajar. Dalam penelitian ini, kualitas Portal Edukasi Rumah Belajar akan diukur dengan menggunakan metode WebQual. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling, sampel diambil dari 150 orang siswa dan 50 orang guru. Survey dilakukan dengan wawancara dan memberikan kuesioner secara tertutup kepada siswa dan guru di SMA.. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hubungan antar dimensi dari webQual 4.0 yaitu usability, penelitian yang dicapai dari pengujian hipotesis 1, 2 dan 3, variabel Usability dan Information Quality tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Kepuasan pengguna Portal Rumah Belajar, hal ini kurang begitu dirasakan manfaatnya oleh siswa dan guru karena mereka belum memanfaatkan portal rumah belajar secara maksimal dikarenakan tidak adanya sosialisasi dan pelatihan yang terhadap pengunaan portal rumah belajar tersebut Kata kunci: WebQual 4.0, Kepuasan, Rumah Belajar, Pengguna

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs Megawaty Megawaty
Date Deposited: 10 Feb 2016 06:26
Last Modified: 28 Nov 2016 08:18
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item