MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI KONSEP KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DI UMKM (SEBUAH KAJIAN TEORITIS)

Gagan Ganjar Resmi, Gagan and Mukran Roni, Mukran (2015) MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI KONSEP KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DI UMKM (SEBUAH KAJIAN TEORITIS). In: Seminar and call for paper 2015 Strategic Agility : Thrive in Turbulent Environment ( Research and Practices), 7 Oktober 2015, Hotel Gracia Semarang.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Mukran.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Banyak pengusaha UKM yang belum memaksimalkan promosi produknya baik melalui media elektronik maupun media non elektronik. Sehingga, mereka kalah bersaing dengan perusahaan besar lainnya. Banyak kendala yang dialami UKM, seperti kesulitan memasarkan produk, kesulitan mengakses pasar, dan keterbatasan dana. Semua kendala tersebut dapat diminimalisir dengan memanfaatkan komunikasi pemasaran terpadu. Komunikasi pemasaran terpadu dapat dilakukan dengan media pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan UKM dan anggaran yang tersedia. Salah satu media pemasaran yang sering dipakai adalah komunikasi dari mulut ke mulut. Di beberapa kota di Indonesia ada beberapa UKM yang survive karena memanfaatkan komunikasi dari mulut ke mulut ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pemasaran terpadu dapat diterapkan di UKM dengan segala keterbatasannya. Kemudian dijelaskan pula kendala-kendala yang dihadapi UKM dalam menjakau konsumennya. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan dan kajian teoritis. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah agar UKM yang memiliki keterbatasan dana atau anggaran, SDM terbatas, pemasaran sempit, akses pasar terbatas tetap bertahan dan mampu meningkatkan penjualan dengan menerapkan konsep pemasaran terpadu yang disesuaikan dengan kebutuhan UKM. Konsep pemasaran terpadu ini diharapkan akan menjadi media UKM dalam meningkatkan penjualannya. Kata kunci : Konsep pemasaran terpadu, meningkatkan penjualan, UMKM

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Mukran Roni
Date Deposited: 29 Jan 2016 01:27
Last Modified: 29 Jan 2016 01:27
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2636

Actions (login required)

View Item View Item