Analisis Determinan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Go Public di Indonesia

Indah Merina, Citra and Noviardy, Andrian Analisis Determinan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Go Public di Indonesia. MBIA. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text
artikel ilmiah citra_andrian.pdf

Download (180kB)

Abstract

Aktivitas produksi sebagai aktivitas utama perusahaan tidak hanya menciptakan berbagai manfaat seperti mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, namun juga menimbulkan dampak yang negatif bagi lingkungan sekitar seperti pencemaran dan perusakan lingkungan hidup. Kasus-kasus yang terjadi di PT Freeport Indonesia dan PT Newmont merupakan contoh dampak negatif yang disebabkan oleh keinginan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya sehingga melakukan eksploitasi sumber daya alam dan manusia (sosial) dengan tidak terkendali. Informasi merupakan kebutuhan yang mendasar bagi para investor dan calon investor untuk pengambilan keputusan. Salah satu informasi yang sering diminta untuk diungkapkan oleh perusahaan saat ini adalah informasi tentang tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). Masyarakat membutuhkan informasi mengenai sejauh mana perusahaan sudah melaksanakan aktivitas sosialnya sehingga hak masyarakat untuk hidup tenteram, kesejahteraan karyawan, dan keamanan dalam mengkonsumsi makanan dapat terpenuhi. Meski demikian, tingkat pelaporan dan pengungkapan CSR di Indonesia masih relatif rendah. Berdasarkan fenomena yang ada maka penulis tertarik untuk meneliti mengenai determinan pengungkapan CSR perusahaan go public di Indonesia dengan menggunakan standar pengungkapan CSR yang ditetapkan oleh Global Reporting Initiatives (GRI). Adapun determinan pengungkapan CSR yang digunakan adalah kinerja lingkungan, profitabilitas, financial leverage, dan ukuran perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kinerja lingkungan, profitabilitas, financial leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR perusahaan go public di Indonesia. Manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan suatu pemahaman yang realistis tentang pengaruh dari kinerja lingkungan, profitabilitas, financial leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR perusahaan go public di Indonesia. Proksi yang digunakan untuk mengukur kinerja lingkungan ialah peringkat PROPER yang dikeluarkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Proksi yang digunakan untuk mengukur profitabilitas yaitu Return on Asset (ROA). Proksi yang digunakan untuk mengukur financial leverage ya