Strategi Permainan Bahasa dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar

Ayu Puspitas Indah Sari, Ayu (2011) Strategi Permainan Bahasa dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Bina EDUKASI. pp. 69-80. ISSN 1979-8598

[img]
Preview
Text
Jurnal Bina Edukasi (Strategi Permainan Bahasa).pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar bertujuan meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Keterampilan membaca sebagai salah satu keterampilan berbahasa tulis yang bersifat reseptif perlu dimiliki siswa Sekolah Dasar agar mampu berkomunikasi secara tertulis. Oleh sebab itu, peranan pengajaran bahasa Indonesia khususnya pengajaran membaca di SD menjadi sangat penting. Membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Guru perlu merancang pembelajaran membaca dengan baik agar mampu menumbuhkan kebiasaan membaca pada siswa. Suasana pembelajaran membaca dapat diciptakan melalui kegiatan permainan bahasa. Diharapkan dengan permainan bahasa ini akan memiliki peranan penting dalam perkembangan kognitif dan sosial anak, karena dalam bermain guru mendukung anak belajar dan mengembangkannya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mrs Ayu Puspita
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:15
Last Modified: 24 Nov 2016 07:15
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2516

Actions (login required)

View Item View Item