PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF dan MENYENANGKAN (PAKEM) pada MATA KULIAH TEORI GRAPH (Studi Kasus Program Studi Teknik Informatika)

Emigawaty, Emigawaty (2009) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF dan MENYENANGKAN (PAKEM) pada MATA KULIAH TEORI GRAPH (Studi Kasus Program Studi Teknik Informatika). Bina EDUKASI, 2 (1). ISSN 1979-8598

[img]
Preview
Text
bina_edukasi_emi.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Abstracts: The method and approach in mathematics study has part of vital importance in learning. Because models and approach in mathematics will bring every student university to be more effective in learning process. Graph Theory is one of the mathematics area, main the theory criticism old the age but has many applied till now. In this research, author lifts PAKEM as study method, have a title: Study method applications, creative, effective and fun in Graph Theory subject. PAKEM marginally student involved in so many activity that develop comprehension and their ability with emphasis in learns to pass to make. This research is carried out in Computer Science Faculty, Informatics Study Program. This Case study especially in student university 4th semester. As to study ware implementation result that developed with applying of PAKEM method (1) plan formed learning in first semester (RPKPS), and (2) materials teaches formed power point uploaded in http://elearning.binadarma.ac.id Keyword: PAKEM, Graph Theory Abstrak: Metode dan pendekatan pada pembelajaran matematika sangat memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran. Karena model-model dan pendekatan pada matematika akan membawa setiap mahasiswa untuk menjadi lebih efektif dalam belajar. Teori graph merupakan salah satu bidang matematika, yang pokok bahasan teorinya sudah tua usianya namun memiliki banyak terapan sampai saat ini. Dalam penelitian ini penulis mengangkat metode PAKEM sebagai metode pembelajaran, yang berjudul: Penerapan Metode Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan pada Mata Kuliah Teori Graph. PAKEM secara garis besar adalah siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat. Penelitian ini dilaksanakan pada Fakultas Ilmu Komputer Program Studi Teknik Informatika. Studi kasus khususnya pada mahasiswa semester IV. Adapun hasil implementasi Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan diterapkannya metode PAKEM ini adalah (1) Rencana pembelajaran berbentuk rencana pembelajarn satu semester (RPKPS), dan (2) Materi ajar yang berbentuk power point yang diupload pada http://elearning.binadarma.ac.id. Kata kunci: PAKEM, Teori Graph

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Jurnal Ilmiah Terpadu Universitas Bina Darma
Date Deposited: 01 Jul 2015 05:17
Last Modified: 01 Jul 2015 05:17
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2306

Actions (login required)

View Item View Item