ANALISIS DETERMINAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN GO PUBLIC DI INDONESIA

Merina, Citra and Noviardy, Andrian ANALISIS DETERMINAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN GO PUBLIC DI INDONESIA. http://eprints.binadarma.ac.id.

[img]
Preview
Text
ANALISIS DETERMINAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN GO PUBLIC DI INDONESIA.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kinerja lingkungan, profitabilitas, financial leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR perusahaan go public di Indonesia. Manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan suatu pemahaman yang realistis tentang pengaruh dari kinerja lingkungan, profitabilitas, financial leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR perusahaan go public di Indonesia. Proksi yang digunakan untuk mengukur kinerja lingkungan ialah peringkat PROPER yang dikeluarkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Proksi yang digunakan untuk mengukur profitabilitas yaitu Return on Asset (ROA). Proksi yang digunakan untuk mengukur financial leverage yaitu rasio hutang atas ekuitas. Proksi yang digunakan untuk mengukur ukuran perusahaan yaitu total aktiva yang dimiliki perusahaan. Sementara itu, untuk mengukur pengungkapan CSR digunakan Indeks Pengungkapan Sosial yang merupakan luas pengungkapan relatif setiap perusahaan atas pengungkapan sosial yang dilakukannya, dimana instrumen pengukuran yang akan digunakan terdiri dari 79 item pengungkapan yang mengacu pada indikator GRI (Global Reporting Initiatives). Pendekatan untuk menghitung CSDI menggunakan content analysis dalam mengukur variety dari CSDI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan go public yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang telah mengikuti Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER). Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan tujuan untuk mendapatkan sampel yang representatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan melakukan pengujian regresi linear berganda.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Depositing User: Mr Andrian Noviardy
Date Deposited: 17 Feb 2015 09:30
Last Modified: 17 Feb 2015 09:30
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2185

Actions (login required)

View Item View Item