Analisis Gaya Komunikasi Abu Rizal Bakri : Tinjauan Komunikasi Antarbudaya

Rahma Santhi Zinaida, Rahma (2014) Analisis Gaya Komunikasi Abu Rizal Bakri : Tinjauan Komunikasi Antarbudaya. In: Konferensi Nasional dan Kompetisi Riset Komunikasi, 10-11 Juni 2014, Surabaya.

[img] Text
Rahma Santhi Zinaida_KRKPOLCOMM.doc

Download (2MB)
Official URL: http://polcomminstitute.org/

Abstract

Abstrak Setiap Manusia memiliki gaya berkomunikasi yang berbeda-beda. Gaya komunikasipun dapat mengikuti kondisi dan situasi sehingga setiap individu dapat memiliki beberapa macam gaya komunikasi. Terlebih lagi menjelang pemilihan presiden Indonesia tahun 2014 ini, bermunculan tokoh-tokoh yang berniat memimpin negara ini untuk lima tahun kedepan, baik itu tokoh baru maupun tokoh lama di dunia politik. Tentunya masing-masing memiliki gaya komunikasi yang diharapkan dapat memikat hati masyarakat, ada yang jujur mengekspresikan gaya komunikasinya, ada yang dibuat-buat dan juga ada yang meniru gaya komunikasi oranglain, bisa dikategorikan gaya komunikasi yang dominant, dramatic, atau impresive leaving dan yang lainnya. ARB adalah salah satu calon presiden yang memiliki gaya komunikasi yang khas, secara tidak langsung gaya komunikasi ARB bisa menjadi pisau marketing politiknya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dan Aburizal Bakri sebagai subjek penelitian, penelitian di fokuskan pada iklan politik ARB menjelang pemilihan presiden RI tahun 2014. Peneliti menggunakan Teknik analisis bodgan and taylor yaitu dengan mereduksi data, menyajikannya dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah penulis melihat kecenderungan gaya komunikasi ARB pada gaya impression leaving dimana ARB memiliki kemampuan seorang komunikator dalam membentuk kesan pada pendengarnya, dengan menggunakan bahasa daerah setempat. ARB cukup berhasil menjalin komunikasi antarbudaya antara dirinya dengan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, dalam komunikasi antar budaya gaya komunikasi ARB termasuk dalam konteks high context culture dimana pertalian komunikasi antar pribadinya sangat kuat. Kata Kunci : ARB, Gaya Komunikasi, Impression leaving, High context culture

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Rahma Santhi
Date Deposited: 24 Nov 2014 02:07
Last Modified: 24 Nov 2014 02:07
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item