STRATEGI MEMBANGUN KEPUASAN KONSUMEN DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS PENGUNJUNG OBJEK WISATA DI KOTA PAGARALAM

Gunarto, Muji (2013) STRATEGI MEMBANGUN KEPUASAN KONSUMEN DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS PENGUNJUNG OBJEK WISATA DI KOTA PAGARALAM. Proseding Seminar Nasional Pariwisata Hijau dan Pengembangan Ekonomi. pp. 23-32. ISSN 978-979-8911-79-8

[img]
Preview
Text
Manajemen-Pariwisata-Hospitality.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor andalan yang mampu menggalakan kegiatan perekonomian. Pariwisata juga dapat menggairahkan dan meningkatkan aktivitas ekonomi lainnya, sehingga memberikan efek berganda (multiplier effect). Kota Pagaralam merupakan salah satu dari 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki potensi pariwisata dengan jumlah objek wisata yang cukup banyak, sehingga menjadi tujuan wisata bagi wisatawan mancanegara maupun domestik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji karakteristik pengunjung obyek wisata di Kota Pagaralam, (2) menganalisis hubungan kualitas pelayanan dan pemasaran relasional dengan kepuasan wisatawan dan loyalitas pengunjung, dan (3) menentukan strategi dalam meningkatkan loyalitas pengunjung obyek wisata di Kota Pagaralam. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Pagaralam dari bulan Januari hingga April tahun 2013. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling terhadap 150 responden. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif dan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 92 persen responden adalah wisatawan domestik yang tinggal di sekitar wilayah Sumatera Selatan, dengan obyek wisata terbanyak yang dikunjungi adalah wisata alam. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wisatawan maupun terhadap loyalitas pengunjung, sedangkan pemasaran relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan tetapi tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas. Kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Hal ini berarti bahwa strategi untuk meningkatkan loyalitas pengunjung obyek wisata di Kota Pagaralam adalah dengan meningkatkan kepuasan wisatawan melalui pemasaran relasional.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Muji Gunarto
Date Deposited: 24 Nov 2014 02:04
Last Modified: 24 Nov 2014 02:04
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item