Perancangan dan Implementasi Game Edukasi Marbel Untuk Kurikulum Tingkat SD

Ardi, Ardi and Tata Sutabri, Tata Sutabri (2014) Perancangan dan Implementasi Game Edukasi Marbel Untuk Kurikulum Tingkat SD. Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 2 (1). ISSN 2407 – 1846

[img]
Preview
Text
348-679-1-SM.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Banyak orang tua yang khawatir dengan perkembangan anaknya, terlebih lagi karena anak-anak lebih suka bermain dan enggan untuk belajar. Di sekolahnya anak pada tingkat sekolah dasar sudah diberikan materi pelajaran, diajari membaca, menulis serta berhitung. Tetapi banyak anak yang tidak menyukai pelajaran khususnya dalam mata pelajaran matematika yang dianggap oleh sebagian anak adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan. Dalam pengembangannya aplikasi ini menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) dengan metode pendekatan terstruktur. Adapun teknik pengambilan data dalam game MARBEL ini adalah analisis sistem, perencanaan sistem, perancangan sistem, dan implementasi sistem. Dengan adanya game MARBEL ini dapat membantu anak dalam memahami soal-soal matematika yang dianggap sulit, dan menambah daya tarik anak dalam belajar karena dikemas dalam bentuk permainan yang menyenangkan. Adanya gambar yang nyata memiliki nilai yang lebih tinggi bagi perkembangan dan daya ingat pada anak, dan berhasil memberikan variasi pembelajaran yang berbeda pada anak sehingga menimbulkan minat belajar yang lebih tinggi.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Dr. Tata Sutabri
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:41
Last Modified: 30 Mar 2023 00:41
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17424

Actions (login required)

View Item View Item