Dedek Julian, Dedek Julian and Tata Sutabri, Tata Sutabri (2023) Perencanaan SOP Manajemen Insiden DPMPTSP Kabupaten OKI Menggunakan Framework ITILv3. Nuansa Informatika, 17 (1). pp. 154-161. ISSN 1858-3911
|
Text
7203-18365-1-PB.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah mengimplementasikan layanan berbasis TI melalui penyediaan website yang mendukung proses pemberian layanan kepada masyarakat. Dengan diterapkannya layanan berbasis TI, instansi dituntut untuk mengelola perangkat TI dan websitenya dengan baik agar proses bisnis tetap berjalan meskipun terjadi insiden. Sementara itu, belum ada SOP yang mengatur penanganan insiden, khususnya yang berkaitan dengan data dan informasi. Dengan demikian, DPMPTSP perlu menerapkan manajemen insiden untuk meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi. Salah satu pedoman manajemen insiden standar internasional adalah ITIL V3, yang merupakan kumpulan praktik terbaik dari ITSM. Studi ini berfokus pada domain operasi layanan ITIL V3 dan sub-domain manajemen insiden. Pada tahap metode penelitian dilakukan gap analysis sehingga dapat diketahui kesenjangan antara kondisi saat ini dengan kondisi ideal berdasarkan ITIL v3. Hasil akhir penelitian menyarankan beberapa SOP yang lebih jelas dan terstruktur yaitu SOP penanganan insiden, eskalasi insiden, dan penutupan insiden.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Dr. Tata Sutabri |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 00:40 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 00:40 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17420 |
Actions (login required)
View Item |