Analisis IT Service Management (ITSM) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Menggunakan Framework ITIL V3 (Studi Kasus: Kecamatan Sungai Lilin)

Rhandy Elfandiar, Rhandy Elfandiar and Tata Sutabri, Tata Sutabri (2023) Analisis IT Service Management (ITSM) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Menggunakan Framework ITIL V3 (Studi Kasus: Kecamatan Sungai Lilin). Nuansa Informatika, 17 (1). pp. 162-168. ISSN 1858-3911

[img]
Preview
Text
7227-18332-1-PB.pdf

Download (337kB) | Preview
Official URL: https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/651...

Abstract

Penerapan teknologi informasi yang terus berkembang dengan sangat cepat memberikan dampak besar bagi penggunaan sistem informasi atau teknologi informasi dan pelayanan dari sistem informasi atau teknologi informasi tersebut, pada sektor keuangan pengembangan teknologi informasi dan sistem informasi akan sangat membantu untuk perkembangan organisasi tersebut. Pada kecamatan Sungai Lilin, untuk melakukan monitoring pengelolaan keuangan di tiap desa yang berada di dalam lingkup Kecamatan Sungai Lilin sudah menggunakan teknologi informasi, yaitu menggunakan aplikasi Sistem Keuangan desa (SisKeuDes) yang sudah terintegrasi antara desa dan kecamatan. Siskeudes merupakan aplikasi berbasis desktop yang digunakan untuk mengelola keuangan pada desa. Aplikasi Siskeudes memiliki banyak layanan seperti pembuatan laporan keuangan, entri data keuangan, monitoring entri data keuangan, verifikasi data yang telah di entri, dan masih banyak layanan lainnya, karena aplikasi Siskeudes ini memiliki banyak layanan, sehingga aplikasi Siskeudes ini membutuhkan manajemen layanan untuk mengidentifikasi layanan apa yang butuh untuk di tingkatkan atau ditambah agar aplikasi Siskeudes ini dapat lebih baik. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses manajemen layanan TI yaitu dengan Information Technology Service Management (ITSM) menggunakan framework ITIL V3 yang berfokus pada domain service operation. Hasil dari analisis ini akan mengidentifikasi sejauh mana service operation pada aplikasi Siskeudes, dan dihasilkan sebuah rekomendasi pengelolaan yang dapat mengacu pada Framework ITIL V3

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Dr. Tata Sutabri
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:39
Last Modified: 30 Mar 2023 00:39
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17415

Actions (login required)

View Item View Item