IMPLEMENTASI ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA MEDIA PEMBELAJARAN BAGIAN-BAGIAN BUNGA BERBASIS VIRTUAL REALITY (VR)

Rio Andriyat Krisdiawan, Rio Andriyat Krisdiawan and Heru Budianto, Heru Budianto and Tata Sutabri, Tata Sutabri and Ade Kurniawan, Ade Kurniawan (2022) IMPLEMENTASI ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA MEDIA PEMBELAJARAN BAGIAN-BAGIAN BUNGA BERBASIS VIRTUAL REALITY (VR). NUANSA INFORMATIKA, 16 (2). pp. 94-105. ISSN 1858-3911

[img]
Preview
Text
5899-15943-1-PB.pdf

Download (972kB) | Preview
Official URL: https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/651...

Abstract

SMP Negeri 2 Ciawigebang merupakan salah satu sekolah yang juga menggunakan buku sebagai sumber utama referensi pembelajaran. Penggunaan buku memiliki keterbatasan khususnya pada muatan gambar yang ada bersifat 2 dimensi, gambar pada buku paket semakin lama akan semakin pudar, yang mengakibatkan siswa sulit memahami dan keterbatasan visualisasi materi. Pembelajaran yang di lakukan secara daring karena dampak dari pendemi covid-19 dan buku sebagai media pembelajaran mandiri mengakibatkan tidak efektifnya pemahaman materi kepada siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan media dengan pemanfaatan teknologi yang dapat memvisualkan materi, visualisasi dan objek yang membantu pemahamanan siswa dalam pembelajaran mandiri seperti virtual reality (VR). virtual reality merupakan antarmuka manusiakomputer canggih yang mensimulasikan lingkungan yang realistis dan membuat pengguna bisa berinteraksi langsung dengan objek yang di simulasikan. Untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu menyerap materi yang di berikan maka di lakukan evaluasi berupa soal-soal yang di berikan, maka dari itu di gunakan sebuah algoritma Linear Congruent Method untuk mengacak soal, sehingga tidak terjadi pengulangan yang sama pada soal yang dimunculkan. Sedangkan metode pengembangan system yang digunakan yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai metode yang tepat untuk pengembangan media pembelajaran berbasis AR. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi yang compatible pada perangkat smartphone bersistem operasi android minimal versi Nougat. yang menampilkan objek dalam bentuk 3 dimensi VR yang dimana pengguna seperti berada pada dunia virtual serta soal-soal yang di berikan untuk evaluasi sejauh mana siswa dapat menyerap materi. diharapkan aplikasi ini dapat memudahkan proses belajar dan mengajar melalui media Virtual reality dan memudahkan guru ketika menyampaikan materi dan melakukan evaluasi berbasis visual 3D.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Dr. Tata Sutabri
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:37
Last Modified: 30 Mar 2023 00:37
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17408

Actions (login required)

View Item View Item