Penerapan Metode Perhitungan Total Loss Dalam Kasus Tindak Pidana Korupsi (Studi Kasus: Pemberian Pinjaman KUR pada PT. Bank a cabang b)

Hardiyansyah, Hardiyansyah (2022) Penerapan Metode Perhitungan Total Loss Dalam Kasus Tindak Pidana Korupsi (Studi Kasus: Pemberian Pinjaman KUR pada PT. Bank a cabang b). Penerapan Metode Perhitungan Total Loss Dalam Kasus Tindak Pidana Korupsi (Studi Kasus: Pemberian Pinjaman KUR pada PT. Bank a cabang b).

[img]
Preview
Text
9. Anthon Junaidi, Hardiyansyah, Rabin Ibnu Zainal1.pdf

Download (42kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penerapan penggunaan metode perhitungan Total Loss dalam kasus tindak pidana korupsi pada PT. Bank A Cabang B oleh Auditor BPKP serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala- kendala tersebut. Salah satu unsur yang paling mendasar dalam tindak pidana korupsi adalah adanya unsur kerugian keuangan negara yang ditimbulkan akibat terjadinya perbuatan korupsi. Informan yang digunakan adalah tiga orang auditor Bidang Investigasi BPKP yang telah ditugaskan melakukan audit penghitungan kerugian keuangan Negara (PKKN) kasus korupsi termasuk metode penghitungan yang dilakukan. Selain wawancara juga menggunakan dokumen petunjuk teknis pelaksanaan audit PKKN. Penerapan penggunaan metode total loss ditentukan pada saat Auditor melakukan analisa bukti, berdasarkan relevan, cukup, dan kompeten. Dalam perolehan bukti-bukti audit tidak dapat dilakukan secara sampel/uji petik tetapi bukti harus diperoleh keseluruhannya. Sehingga auditor dapat menyimpulkan secara komprenship karena sifat kerugian keuangan Negara adalah nyata dan pasti. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penerapan metode total loss pada kasus pemberian pinjaman kredit yaitu dengan cara menghitung jumlah seluruh penyaluran kredit oleh pihak PT. Bank A Cabang B karena pemberian kredit tersebut tidak sesuai dengan Peraturan (SOP Pemberian Kredit) dan adanya dugaan kredit fiktif.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 05 Jul 2022 05:56
Last Modified: 05 Jul 2022 05:56
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17238

Actions (login required)

View Item View Item