MODEL IMPLEMENTASI ON-LINEANALYTICAL PROCESSING(OLAP) USINGCLUSTERINGMETHODS (CASE STUDY: PENERIMAAN MAHASISWA BARU(PMB) INSTMIKMURA LUBUKLINGGAU)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) MODEL IMPLEMENTASI ON-LINEANALYTICAL PROCESSING(OLAP) USINGCLUSTERINGMETHODS (CASE STUDY: PENERIMAAN MAHASISWA BARU(PMB) INSTMIKMURA LUBUKLINGGAU). MODEL IMPLEMENTASI ON-LINEANALYTICAL PROCESSING(OLAP) USINGCLUSTERINGMETHODS (CASE STUDY: PENERIMAAN MAHASISWA BARU(PMB) INSTMIKMURA LUBUKLINGGAU).

[img] Text
MTI_DavitIrawan_MODEL IMPLEMENTASI ON-LINEANALYTICAL PROCESSING(OLAP) USINGCLUSTERINGMETHODS.docx

Download (415kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

OLAP adalah suatu metode khusus untuk melakukan analisis terhadap data yang terdapat di dalam media penyimpanan data (database) dan kemudian membuat laporannya sesuai dengan permintaan user. Untuk tujuan tersebut data yang berupa informasi dibuat dalam format khusus dengan memberikan group terhadap data.Hal ini dinamakan model kubus.Dilihat dari tujuannya, OLAP menampilkan data dalam sebuah table yang dinamis, yang secara otomatis akan meringkas data ke dalam beberapa irisan data yang berbeda dan mengizinkan user untuk secara interaktif melakukan perhitungan serta membuat format suatu laporan.Tool untuk membuat laporan tersebut adalah tabel itu sendiri, yaitu dengan melakukan drag terhadap kolom dan baris. User dapat mengubah bentuk laporan dan menggolongkannya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan user, dan OLAP Engine secara otomatis akan mengkalkulasi data yang baru.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:36
Last Modified: 05 Jul 2022 04:36
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17174

Actions (login required)

View Item View Item