PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI DENGAN METODE TALKING STICK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA GELUMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI DENGAN METODE TALKING STICK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA GELUMBANG. PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI DENGAN METODE TALKING STICK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA GELUMBANG.

[img]
Preview
Text
14.Rusni.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan minat belajar dan hasil belajar membaca puisi dengan metode talking stick di Sekolah Menengah Atas Persat�uan Guru Republik Indonesia Gelumbang. Penelitian dilaksanakan dengan menggu�nakan model penelitian Tindakan Kelas yang di dalamnya terdiri dari empat tahap, pertama perencanaan tindakan, kedua pelaksanaan tindakan, ketiga pengamatan tin�dakan (observasi), dan keempat refleksi (evaluasi-refleksi) terhadap tindakan. Hasil penelitian adalah Metode pembelajaran talking stick meningkatan minat siswa ter�hadap mata pelajaran bahasa Indonesia terutama materi membaca puisi hasil ini ditunjukkan dengan meningkatkan minat siswa yang dapat dilihat dari indikator partisipasi, perhatian dan perasaan. Ketiga indikator tersebut menunjukkan pen�ingkatan yang baik. Selain meningkatkan minat siswa, metode ini juga meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar ini ditunjukkan dari perubahan nilai rata-rata dari sebelum menggunakan metode talking stick dan setelah menggunakan metode talk�ing stick. Perubahan ini menunjukkan bahwa metode ini dapat memberikan dampak yang baik bagi hasil belajar siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:36
Last Modified: 05 Jul 2022 04:36
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17110

Actions (login required)

View Item View Item