UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGANALISIS HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 AIR SALEH KECAMATAN AIR SALEH

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGANALISIS HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 AIR SALEH KECAMATAN AIR SALEH. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGANALISIS HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 AIR SALEH KECAMATAN AIR SALEH.

[img]
Preview
Text
2.Devi Ambarawati.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan melalui Model Pembelajaran Group Investigation di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Air Saleh Kecamatan Air Saleh. Dalam penyusunan tesis ini peneliti dibimbing oleh Dedi Rianto Rahadi dan Aisyah AR. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam men�ganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan melalui model pembelajaran group investigation di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Air Saleh Kecamatan Air Saleh. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.2 yang berjumlah 37 siswa. Peneli�tian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan prosedur Kem�mis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing sik�lus menggunakan satu kali pertemuan dan terdiri dari empat tahap yaitu peren�canaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh dengan cara tes, obser�vasi dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menun�jukkan, bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menganalisi hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Air Saleh Kecamatan Air Saleh. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa secara keseluruhan pada pra siklus sebesar 67, menjadi 72 pada siklus 1 dan 78 pada siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran group investigation dalam menganalisi hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:32
Last Modified: 05 Jul 2022 04:32
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17038

Actions (login required)

View Item View Item