Strategi Pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (Studi Kasus Pada Distrik Navigasi Kelas 1 Palembang)

Hardiyansyah, Hardi and Dedi Rianto Rahadi, Dedi Rianto (2022) Strategi Pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (Studi Kasus Pada Distrik Navigasi Kelas 1 Palembang). Strategi Pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (Studi Kasus Pada Distrik Navigasi Kelas 1 Palembang).

[img]
Preview
Text
1. Yuni Verawati(1).pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendapatkan Strategi yang akan digunakan untuk pelaksanaan sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Distrik Navigasi Kelas I Palembang yang berdasarkan Peraturan Pemerintah No 50 tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan menggunakan metode analisis gap. Hasil penelitian dan analisis terhadap data maka didapat hasil sebagai berikut : 1). Sistem manajemen K3 tidak berjalan dengan baik di Distrik Navigasi Kelas I Palembang, kondisi ini dengan tidak berjalannya prinsip-prinsip sistem manajemen yaitu PDCA (plan-do-check-action) dimana tidak ada komitmen yang kuat, kelemahan dalam perencanaan, tidak adanya pedoman yang jelas pada pelaksanaan dan tidak adanya evaluasi terhadap sistem manajemen K3 yang berjalan sehingga tidak dapat dilakukan evaluasi dan peningkatan yang baik 2). Faktor-faktor penghambat dari tidak berjalan dengan baiknya sistem manajemen K3 ini adalah kurang kuatnya komitmen untuk menjalankan sistem manajemen K3 dari pihak pimpinan, anggaran untuk membangun atau mengembangkan sistem manajemen K3 menjadi relatif rendah atau sedikit, serta sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan manajerial untuk mengelola sistem manajemen K3 rendah atau sedikit 3). terdapat 3 strategi yang harus dikembangkan yaitu menguatkan komitmen pimpinan untuk mengembangkan sistem manajemen K3, peningkatan dana melalui penganggaran untuk mengembangkan sistem ini serta meningkatkan kompetensi manajerial pegawai dalam pengelolaan sistem manajemen K3

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:29
Last Modified: 05 Jul 2022 04:29
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/16980

Actions (login required)

View Item View Item