FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

Poppy Indriani, Faculty of Economic Binadarma University (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015).

[img]
Preview
Text
Penelitian Prosiding SHP 2_JL23 17 Maret 2017.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dalam laporan tahunan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tanggung Jawab Sosial merupakan praktik pertanggungjawaban yang dilakukan perusahaan untuk memenuhi harapan publik, sehingga menciptakan legitimasi publik atas keberadaan perusahaan. Faktor-faktor yang diuji adalah profitabilitas, kepemilikan saham publik, ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, dan umur perusahaan sebagai variabel independen sedangkan pengungkapan Tanggung Jawab Sosial sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan untuk mengukur pengungkapan Tanggung Jawab Sosial adalah dengan content analysis. Metode pengukuran content analysis dilakukan dengan memberikan checklist pada item Tanggung Jawab Sosial dalam laporan keungan tahunan perusahaan. Sampel penelitian ini terdiri dari 24 perusahaan pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2013-2015. Model analisis untuk penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, sedangkan variabel profitabilitas, kepemilikan saham publik, leverage, likuiditas dan dewan komisaris tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengungkapan Tanggung Jawab Sosial perusahaan yang terdaftar di BEI.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:08
Last Modified: 28 Jun 2022 01:08
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/16318

Actions (login required)

View Item View Item