EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PEMERINTAHAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA PALEMBANG MELALUI MEDIA WEBSITE

Merry, Agustina (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PEMERINTAHAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA PALEMBANG MELALUI MEDIA WEBSITE. EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PEMERINTAHAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA PALEMBANG MELALUI MEDIA WEBSITE.

[img] Text
Paper Snastikom_2014.doc

Download (4MB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penggunaan teknologi informasi banyak diterapkan oleh lembaga pemerintah, maupun swasta. Berkaitan dengan pelayanan masyarakat, dalam menyongsong era globalisasi, pemerintah harus mempersiapkan seluruh aparatnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan sopan santun dalam melayani masyarakat. Salah satu lembaga pemerintah yang menggunakan teknologi informasi dalam bentuk website yaitu Pemerintah Kota Palembang. Penggunaan website sebagai media komunikasi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat luas khususnya dikota Palembang tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang dengan alamat www.palembang.go.id, tetapi diikuti oleh semua dinas yang memiliki visi, misi, tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam mendukung visi dan misi Kota Palembang. Kondisi yang ada saat ini kantor dinas yang ada dibawah Pemerintahan Kota Palembang yang berjumlah 17 dinas sudah 15 dinas yang memiliki website namun baru 13 website yang melakukan pelayanan publik. Jumlah responden penelitian ini adalah 305 responden.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pelayanan publik pada dinas pemerintahan dilingkungan Kota Palembang berdasarkan delapan unsur pelayanan yaitu kesederhanaan, kejelasan, keamanan, keterbukaan, efisien, ekonomis, keadilan dan ketepatan waktu dengan memanfaatkan website sebagai medianya. Selanjutnya hasil pengolahan data menunjukan bahwa keefektivitasan website sebagai media pelayanan publik belum begitu efektif karena masih terdapat tiga unsur yang masih kurang baik yaitu efisien 43%, ekonomis 46.2% dan ketepatan waktu pelayanan 32.1%. Kata kunci : efektivitas, website, pelayanan, dinas pemerintahan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:47
Last Modified: 27 Jun 2022 02:47
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/16067

Actions (login required)

View Item View Item