Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City (JSC) Sebagai Sarana Pengembangan Pendapatan Masyarakat Dalam Satu Sistem Pasar Terpadu Bagi Produk Kerajinan Palembang

Emi, Suwarni (2022) Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City (JSC) Sebagai Sarana Pengembangan Pendapatan Masyarakat Dalam Satu Sistem Pasar Terpadu Bagi Produk Kerajinan Palembang. Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City (JSC) Sebagai Sarana Pengembangan Pendapatan Masyarakat Dalam Satu Sistem Pasar Terpadu Bagi Produk Kerajinan Palembang.

[img]
Preview
Text
paper SENIMA sby.pdf

Download (575kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran Jakabaring Sport Center (JSC) sebagai pusat pemasaran produk kerajinan masyarakat kota Palembang karena selain sebagai pusat olahraga JSC juga menjadi daya tarik wisata baik wisatawan lokal maupun manca negara. Dilain pihak wilayah JSC juga memberikan sarana bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka, salah satu lembaga yang mengkoordinasikan adalah DEKRANAS yaitu lembaga non profit yang sangat berpihak pada pelaku usaha khususnya pengusaha kecil dan menengah. Inilah yang pada akhirnya kami sebagai sistem pemasaran terpadu. Wisata di JSC kami sebut sebagai Pariwisata olahraga yang telah berkembang bahkan menjadi industri di negara maju, dapat memberikan pengaruh yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. JSC juga merupakan salah satu pendukung pertumbuhan industri kreatif di mana multi efek yang dihasilkan oleh JSC sebagai pariwisata olahraga akan memberikan ruang dan kesempatan bagi pelaku bisnis baik produk kuliner dan produk kerajinan sebagai produk unggulan provinsi Sumatera Selatan dengan pemanfaatan teknologi berdasarkan kreativitas dan inovasi yang berkembang. Dengan pendekatan metode Kualitatif oleh Bogdan dan Taylor dalam Moleong (2005) mendefinisikan penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata, kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.Penelitian ini menganalisis peran JSC sebagai sarana pemasaran produk kerajinan daerah bahkan tidak hanya dari pPalembang tetapi juga dari berbagai daerah lainnya. JSC adalah stadion yang luasnya 325 Ha dan dapat menampung 40.000 pengunjung adalah merupakan jumlah yang besar untuk dijadikan konsumen kerajinan yang dikelola lewat DEKRANASDA.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran JSC memberikan kontribusi dalam memasarkan produk kerajinan dimana kunjungan wisata mengalami peningkatan yang signifikan dan memberikan dampak kepada peningkatan pendapatan pelaku usaha dan masyarakat Palembang pada umumnya.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:47
Last Modified: 27 Jun 2022 02:47
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/16060

Actions (login required)

View Item View Item