System pada Sekolah Menengah Atas Kota PalKerangka Evaluasi Efektivitas Sistem DAPODIKMEN dengan Pendekatan Utembang

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) System pada Sekolah Menengah Atas Kota PalKerangka Evaluasi Efektivitas Sistem DAPODIKMEN dengan Pendekatan Utembang. System pada Sekolah Menengah Atas Kota PalKerangka Evaluasi Efektivitas Sistem DAPODIKMEN dengan Pendekatan Utembang.

[img] Text
Paper SemNasTik RadenAyuIndriansari-1.docx

Download (62kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

. Data pokok pendidikan menengah atau Dapodikmen merupakan aplikasi yang digunakan untuk pendataan sekolah skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional. Setiap tahun ajaran baru operator sekolah/OPS di tiap-tiap sekolah akan disuguhkan dengan aplikasi Dapodikmen versi baru yang menandakan setiap OPS siap bekerja lagi menyajikan data yang sevalid mungkin. Pemanfaatan sistem Dapodikmen belum dirasakan optimal oleh OPS seperti belum optimal tingkat efektivitas sistem dari sisi kandungan informasi, kemudahan akses dan ketersediaan sistem. Selain itu belum pernah dilakukan evaluasi kerangka efektivitas sistem Dapodikmen. Salah satu pendekatan evaluasi sistem yang dikemukakan oleh Kendall & Kendall, 2007 (dalam Martoyo 2015:638) dari segi efektivitas adalah pendekatan System Utility yang meninjau keberhasilan implementasi sistem dari enam sudut pandang. Berdasarkan permasalahan maka perlu adanya kerangka evaluasi efektivitas terhadap sistem Dapodikmen dengan Pendekatan System Utility pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Palembang.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:46
Last Modified: 27 Jun 2022 02:46
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/16031

Actions (login required)

View Item View Item