PANTUN SEBAGAI PENGAYAAN PENGAJARAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BIPA

Enny, Hidajati (2022) PANTUN SEBAGAI PENGAYAAN PENGAJARAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BIPA. PANTUN SEBAGAI PENGAYAAN PENGAJARAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BIPA.

[img] Text
PANTUN BIPA MLG.docx

Download (33kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Pantun adalah salah satu bentuk sastra Indonesia lama yang eksis sampai sekarang. Awalnya, pantun adalah sastra lisan yang berkembang di masyarakat. Namun saat ini, pantun dapat pula dinikmati dalam ragam tulisan. Salah satu ketrampilan yang dipelajari oleh mahasiswa BIPA adalah menulis. Pantun dapat dimasukkan dalam pembelajaran menulis untuk memperkaya materi bahan ajar bagi mahasiswa BIPA tingkat menengah. Mahasiswa harus memilih kata yang sesuai dengan sajak/rima mengingat pantun terdiri dari 2 baris sampiran dan 2 baris isi yang bersajak/berima a-b-a-b. Tentu saja, hal ini memperkaya kosakata mahasiswa BIPA. Tujuan penelitian ini adalah pengayaan materi bahan ajar BIPA dengan pengetahuan budaya pantun. Penelitian ini adalah jenis penelitian studi literatur dan kualitatif deskritif yaitu berusaha mencari referensi teori yang berkaitan. Studi literatur didapat dari aneka sumber.Mahasiswa diminta untuk mengamati contoh pantun dan ciri-cirinya. Selanjutnya, mahasiswa diminta untuk membuat pantun dengan tema yang kontekstual.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 25 Jun 2022 03:38
Last Modified: 25 Jun 2022 03:38
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15770

Actions (login required)

View Item View Item