PEMETAAN PREFERENSI KONSUMEN PRODUK SEPEDA MOTOR MATIC PADA BERBAGAI MERK MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING” SEBAGAI DASAR UNTUK MENDISAIN PRODUK

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PEMETAAN PREFERENSI KONSUMEN PRODUK SEPEDA MOTOR MATIC PADA BERBAGAI MERK MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING” SEBAGAI DASAR UNTUK MENDISAIN PRODUK. PEMETAAN PREFERENSI KONSUMEN PRODUK SEPEDA MOTOR MATIC PADA BERBAGAI MERK MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING” SEBAGAI DASAR UNTUK MENDISAIN PRODUK.

[img] Text
Proposal.doc

Download (463kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendisain sepeda motor matic yang sesuai dengan keinginan konsumen melalui rekayasa teknologi berbasis informasi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan disain produk sepeda motor matic sesuai dengan preferensi konsumen. Penelitian ini sangat penting mengingat pengguna sepeda motor matic dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan belum adanya interaksi antara produsen dengan masyarakat pengguna terhadap produk sepeda motor matic ini. Sepeda motor sebagai salah satu sarana transportasi merupakan salah satu dari hasil kemajuan teknologi di bidang otomotif. Dalam pembuatan sepeda motor ini, produsen harus mengetahui apa preferensi yang diinginkan oleh konsumen. Setelah didapat preferensi konsumen, produsen akan dapat mendisain produk yang akan dihasilkan dengan menggunakan preferensi tersebut sebagai input data. Sehingga produk yang dihasilkan akan sesuai dengan keinginan konsumen. Suatu produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, pemasarannya akan terjamin. Multi Dimensional scaling (MDS) dapat mentranformasikan atau mengartikan suatu respon data berdasarkan kemiripan kedalam jarak yang dipresentasikan pada ruang multidimensi. MDS adalah salah satu teknik penyekalaan yang sering digunakan untuk mengposisikan sekelompok secara relative.Dengan demikian akan diperoleh pemetaan preferensi konsumen mengenai sepeda motor matik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah hasil rekayasa teknologi berbasis informasi dan bermanfaat baik bagi produsen sepeda motor maupun bagi masyarakat sebagai konsumen. Hasil penelitian ini juga dapat membuktikan bahwa produsen dan masyarakat mempunyai keterkaitan dalam merancang dan menghasilkan produk.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 25 Jun 2022 03:36
Last Modified: 25 Jun 2022 03:36
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15710

Actions (login required)

View Item View Item