PENERAPAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING UNTUK PERENCANAAN DISTRIBUSI PRODUK (STUDI KASUS PT BINO MITRA SEJATI PALEMBANG)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENERAPAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING UNTUK PERENCANAAN DISTRIBUSI PRODUK (STUDI KASUS PT BINO MITRA SEJATI PALEMBANG). PENERAPAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING UNTUK PERENCANAAN DISTRIBUSI PRODUK (STUDI KASUS PT BINO MITRA SEJATI PALEMBANG).

[img]
Preview
Text
pros amil kum 2.pdf

Download (420kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

: Distribusi atau penyaluran barang merupakan aktivitas prioritas bagi perusahaan yang bergerak di bidang distributor. Konsumen akan merasa puas terhadap pelayanan distributor, jika produk yang di distribusikan tepat jumlah dan tepat mutu. PT. Bino Mitra Sejati memiliki masalah pada distribusi pemesanan produk ke kantor pusat, sehingga terjadinya pemborosan biaya pada aktivitas distribusi pada perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan penjadwalan pemesanan produk supaya terkoordinasi dengan baik dengan biaya yang efisien dengan menggunakan metode Distribution Requirement Planning (DRP). DRP adalah metode untuk menangani pengadaan persediaan dalam suatu jaringan distribusi multi eselon. Pada metode ini menggunakan teknik penentuan lot size. Dari hasil penelitian, distribusi pemesanan perusahaan selama bulan Januari 2018 – Juli 2018 sebanyak 30 kali, pemesanan barang kurang teratur dengan biaya Rp. 22.360.000,-. Apabila dengan menerapkan metode DRP, pemesanan hanya akan dilakukan sebanyak 18 kali lebih teratur dengan biaya Rp. 12.094.000,-, sehingga terjadi penurunan biaya hingga Rp. 10.266.000,-.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 24 Jun 2022 15:25
Last Modified: 24 Jun 2022 15:25
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15652

Actions (login required)

View Item View Item