ENHANCING CRITICAL THINKING THROUGH LITERARY ANALYSIS

Cita Hikmah Yanti, Cita Hikmah Yanti and Neisya, Neisya (2022) ENHANCING CRITICAL THINKING THROUGH LITERARY ANALYSIS. ENHANCING CRITICAL THINKING THROUGH LITERARY ANALYSIS.

[img]
Preview
Text
Cita dan Neisya, Vol. 12 No.1, Juni 2019.pdf

Download (581kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini mencari tahu tentang peningkatan analisis sastra siswa dengan menggunakan pertanyaan pemikiran kritis taksonomi Blooms. Objek penelitian tindakan ini adalah mahasiswa semester enam program studi Sastra Inggris di Universitas Bina Darma. Mereka adalah 5 mahasiswa laki-laki dan 10 mahasiswa perempuan. Penelitian tindakan dilakukan dalam 12 pertemuan. Pada siklus pertama, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penilaian untuk kriteria keberhasilan dinilai dari rubrik analisis sastra dengan skala buruk, sedang dan baik. Selama siklus ini, sebagian besar siswa hanya mencapai analisis sastra yang buruk dalam tulisan mereka. Setelah melakukan beberapa revisi dan evaluasi pada siklus kedua, yang termasuk perencanaan ulang, tindakan, observasi dan refleksi, hasilnya menunjukkan sebagian besar siswa berhasil meningkatkan analisis sastra mereka ke level sedang dan 2 siswa berada di level baik dengan beberapa catatan. Meskipun, beberapa siswa mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dan latihan untuk mencapai keterampilan yang baik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 24 Jun 2022 15:22
Last Modified: 24 Jun 2022 15:22
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item View Item