UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENERAPAN MODEL PEROLEHAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII. PENERAPAN MODEL PEROLEHAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII.
|
Text
artikel_Harsumi&Hastari_edisi juni 2013.pdf Download (716kB) | Preview |
Abstract
Metode penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif, digunakan untuk mengetahui adanya perubahan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas kontrol dan eksperimen setelah dilakukan pretes dan postes. Populasi yaitu, siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Palembang berjumlah 93 siswa, dan sampelnya adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 berjumlah 62 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak enam kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas kontrol belum mencapai standar KKM 68%, karena mencapai ketuntasan 66,68%. Untuk siswa kelas eksperimen telah mencapai standar nilai KKM dengan ketuntasan 72,72%. Berdasarkan analisis uji t menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau 4,194 > 2,00 maka, Ho ditolak Ha diterima (db=60) pada taraf kesalahan 5%. Dengan demikian maka, model perolehan konsep lebih efektif dibandingkan model ceramah dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Palembang
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 03:12 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 03:12 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15465 |
Actions (login required)
View Item |