Penerapan Metode SAW Pada Sistem Informasi Penerimaan Guru SMP Quraniah Palembang

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) Penerapan Metode SAW Pada Sistem Informasi Penerimaan Guru SMP Quraniah Palembang. Penerapan Metode SAW Pada Sistem Informasi Penerimaan Guru SMP Quraniah Palembang.

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal - Metode SAW.pdf

Download (397kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

SMP Quraniah Palembang merupakan salah satu Sekolah yang berada di kota Palembang. Sistem penerimaan Guru di Sekolah ini masih menggunakan metode konvensional dengan melihat hasil tes tertulis dan wawancara serta perhitungan hasil penilaian yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika terdapat hasil penilaian yang sama maka akan cukup kesulitan dalam menentukan calon Guru mana yang layak untuk diterima. Dibutuhkanlah suatu sistem yang dapat membantu menghasilkan hasil penilaian yang akurat dengan menerapkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Salah satu metode sistem pendukung keputusan tersebut adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW merupakan metode yang menggunakan beberapa kriteria penilaian yang menjadi faktor penting dalam seleksi penerimaan guru. Kriteria penilaian tersebut antara lain pendidikan, pengalaman, usia, dan hasil tes lisan dan wawancara. Dari hasil kriteria tersebut akan menghasilkan bobot penilaian dari masing�masing calon Guru, selanjutnya akan dilakukan perhitungan untuk mencari hasil perangkingan berdasarkan prioritas-prioritas tertinggi hingga terendah. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan yang tepat dalam proses penerimaan Guru di SMP Quraniah Palembang dengan menerapkan metode SAW.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:16
Last Modified: 24 Jun 2022 02:16
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15107

Actions (login required)

View Item View Item