METODOLOGI PEMBELAJARAN TRANSKRIPSI FONETIS MELALUI PENYUSUNAN KAMUS BAHASA SEBAGAI WADAH MEMBANTU MAHASISWA BIPA BELAJAR FONOLOGI BAHASA INDONESIA

Hastari, Mayrita (2022) METODOLOGI PEMBELAJARAN TRANSKRIPSI FONETIS MELALUI PENYUSUNAN KAMUS BAHASA SEBAGAI WADAH MEMBANTU MAHASISWA BIPA BELAJAR FONOLOGI BAHASA INDONESIA. METODOLOGI PEMBELAJARAN TRANSKRIPSI FONETIS MELALUI PENYUSUNAN KAMUS BAHASA SEBAGAI WADAH MEMBANTU MAHASISWA BIPA BELAJAR FONOLOGI BAHASA INDONESIA.

[img]
Preview
Text
MAKALAH+Sertifikat_NITISASTRA III_HASTARI MAYRITA_UBD.pdf

Download (463kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis selama mengajar Fonologi Bahasa Indonesia, mahasiswa kurang memahami pentingnya Fonologi dalam kancah Linguistik. Padahal Fonologi adalah salah satu ilmu Linguistik yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam pelestarian bahasa. Berhubungan dengan permasalahan di atas, mulai tahun 2015, ada mahasiswa BIPA reguler yang terlibat di kelas Fonologi Penulis. Mahasiswa penutur asli saja sulit untuk memahami pembelajaran Fonologi, apalagi mahasiswa penutur asing. Oleh karena itu, penulis merancang metodologi penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran transkripsi fonetis dan proses pengambilan korpus data di lapangan, sehingga mereka menyadari bahwa belajar Fonologi itu asik dan penting dalam pelestarian bahasa melalui penyusunan kamus bahasa. Melalui kegiatan ini, mahasiswa secara berkelompok akan mengumpulkan data berupa korpus bahasa. Data yang sudah terkumpul berguna sebagai bahan dalam penyusunan kamus bahasa daerah yang diamati. Hasil yang diharapkan dalam metodologi ini adalah tidak hanya mahasiswa BIPA, tetapi mahasiswa penutur asli yang terlibat dalam perkuliahan Fonologi ini, juga mengalami peningkatan dalam memahami pembelajaran transkripsi fonetik melalui kegiatan penyusunan kamus bahasa daerah. Proses kegiatan pendukung pembelajaran juga dibantu dengan pengajaran e-learning, rekaman suara narasumber, dan media gambar. Jadi manfaat penelitian ini diharapkan, pembelajaran Bahasa dan Sastra di budaya akademik dapat bersaing dan bertahan di era digital saat ini.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:00
Last Modified: 24 Jun 2022 01:00
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item View Item