PEMANFAATAN MOODLE DALAM IMPLEMENTASI E-LEARNING DI SEKOLAH KEJURUAN (Studi kasus: SMK Bina Jaya Palembang)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PEMANFAATAN MOODLE DALAM IMPLEMENTASI E-LEARNING DI SEKOLAH KEJURUAN (Studi kasus: SMK Bina Jaya Palembang). PEMANFAATAN MOODLE DALAM IMPLEMENTASI E-LEARNING DI SEKOLAH KEJURUAN (Studi kasus: SMK Bina Jaya Palembang).

[img]
Preview
Text
Artikel IIn-Evi ok.pdf

Download (660kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

SMK Bina Jaya adalah salah satu pendidikan kejuruan jenjang menengah sebagai lanjutan SMP/MTS dimana proses belajar masih melalui tatap muka secara langsung di kelas. Proses pembelajaran yang dilakukan di kelas sangat terbatas waktunya karna, biasanya guru memberikan intruksi kepada seluruh murid tentang materi yang akan dipelajari saat itu yang membuat siswa terbatas waktunya untuk bertanya dan mencatat materi yang di sampaikan guru. Adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini akan mempermudah dalam mendapatkan suatu pembelajaran karena, adanya fasilitas yang bisa diakses melalui media internet. Dimana, prosesnya bisa di lakukan dimana saja dan kapan saja, salah satu media Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bisa di terapkan dalam pembelajaran yaini E-Learning. E-Learning adalah media pembelaran yang dilakukan melalui jarak jauh dan harus menggunakan koneksi internet untuk menjalankannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem e-learning secara online dengan menggunakan software moodle yang bersifat open source dan gratis. Moodle pembelajaran e-learning adalah aplikasi berbasis web yang memberikan layanan pembelajaran online. Metode penelitian yang digunakan yaitu Data kualitatif (data tentang aktivitas siswa dan guru) dan Data kuantitatif (data tentang hasil belajar siswa setiap akhir siklus). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview serta dokumentasi, serta menggunakan metode pengembangan Extreme Programming. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah adanya interaksi antara guru dan siswa di dalam proses pembelajaran. Selain itu e�learning juga berfungsi sebagai forum diskusi antara guru dan siswa, serta dapat digunakan sebagai kuis online, sehingga semua kegiatan proses pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:00
Last Modified: 24 Jun 2022 01:00
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item View Item