Analisis Kinerja Pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ilir Dalam Perspektif Eksternal Melalui Survey Kepuasan Masyarakat

Hardiyansyah, Hardi (2022) Analisis Kinerja Pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ilir Dalam Perspektif Eksternal Melalui Survey Kepuasan Masyarakat. Analisis Kinerja Pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ilir Dalam Perspektif Eksternal Melalui Survey Kepuasan Masyarakat.

[img] Text
Makalah seminar di bali senari.doc

Download (73kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Abstrak Permasalahan utama dalam pengambilan kebijakan tentang pelayanan publik bagi Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir adalah masih kurangnya informasi tentang situasi dan kondisi terkini tentang pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat. Berkenaan dengan hal tersebut, maka dilakukan penelitian metode survey dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Untuk melengkapi data, tim peneliti juga melakukan wawancara dengan berbagai sumber seperti tokoh masyarakat di wilayah kecamatan yang menjadi sample. Selain itu, tim peneliti juga melakukan wawancara dengan aparat pemerintahan dari berbagai instansi. Teknik sampling yang digunakan adalah melalui metoda multi stages random sampling dalam memilih sumber data penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (i) persepsi kepuasan masyarakat tentang mutu pelayanan pemerintah daerah secara umum masih rendah, (ii) secara umum masyarakat merasakan ketidakpuasan dan tidak digunakannya pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah, (iii) secara umum masih banyak sektor pelayanan publik yang masih memerlukan perbaikan sebagai rekomendasi bagi pengembangan strategi dimasa mendatang bagi pemerintah daerah kabupaten Ogan Komering Ilir.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:58
Last Modified: 23 Jun 2022 03:58
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14974

Actions (login required)

View Item View Item