ANALISIS KUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN PADA DINAS TATA KOTA, KOTA PALEMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN PADA DINAS TATA KOTA, KOTA PALEMBANG. ANALISIS KUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN PADA DINAS TATA KOTA, KOTA PALEMBANG.

[img] Text
artikel analisis Kualitas Pelayanan (bahan Jurnal) kirim MIMBAR, ok.doc

Download (133kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Kualitas pelayanan publik menjadi barometer keberhasilan implementasi kebijakan otonomi daerah. Salah satu pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota adalah pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB). Seharusnya semua bangunan di kota Palembang memiliki IMB, namun realitas menunjukkan baru 35,10 persen bangunan yang telah memiliki IMB. Hal ini merupakan indikasi bahwa kualitas pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) masih rendah. Melalui penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa indikasi-indikasi rendahnya kualitas pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) tersebut adalah sebagai berikut: (1) lokasi pelayanan yang tidak strategis dan sulit dijangkau; (2) pelayanan permohonan izin mendirikan bangunan (IMB) belum memiliki standar yang baku; (3) pelayanan permohonan IMB belum tepat waktu dari waktu yang dijanjikan; (4) besarnya tarif retribusi tidak sesuai dengan kenyataan; serta (5) pelayanan pemberian izin mendirikan bangunan (IMB) masih diskriminatif.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:30
Last Modified: 23 Jun 2022 03:30
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14922

Actions (login required)

View Item View Item