MODEL KOMUNIKASI PARIWISATA KAMPUNG WARNA WARNI DESA BURAI KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN

Dwi Maharani, M.I.Kom, Universitas Bina Darma (2022) MODEL KOMUNIKASI PARIWISATA KAMPUNG WARNA WARNI DESA BURAI KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN. MODEL KOMUNIKASI PARIWISATA KAMPUNG WARNA WARNI DESA BURAI KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN.

[img]
Preview
Text
JRK_Riset Kampung Warna Warni.pdf

Download (599kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Desa Burai secara geomorfologis dan sosial budaya memiliki potensi yang cukup baik dan dapat dikembangkan mendjadi objek wisata melalui pembentukan sebuah komunitas. Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Desa Burai mengelolah desa wisata yang melibatkan pemerintah Desa Burai, karangtaruna Desa Burai dan masyarakat sekitar. Kerjasama yang terjalin untuk mewujudkan desa wisata ini tidak terlepas dari proses komunikasi yang efektif. Penelitian ini dikupas menggunakan kajian teoritis dari pemikiran Burhan Bungin tentang komunikasi pariwisata, yaitu menggunakan Komunikasi Kelompok dan Komunikasi online pariwisata dapat mengidentifaksi sejauh mana pengembangan potensi wisata Kampung Warna-warni. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan observasi langsung kelapangan untuk mengumpulkan data serta melalukan wawancara dengan subjek yang dipilih sebagai sumber informasi. Hasil penelitian menunjukkan model komunikasi pariwisata kampung warna-warni menggunakan komunikasi dua arah. Adanya kerjasama antara Pokdarwis saat melibatkan karang taruna dan melibatkan masyarakat sekitar dalam pengembangan Desa Wisata Kampung Warna-warni.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:30
Last Modified: 23 Jun 2022 03:30
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14913

Actions (login required)

View Item View Item