bina, darma (2022) TRANSFORMASI PUBLIC GOVERNANCE DI KOTA PALEMBANG DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PUBLIK (Kasus Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan). TRANSFORMASI PUBLIC GOVERNANCE DI KOTA PALEMBANG DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PUBLIK (Kasus Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan).
Text
Makalah disajikan pada Seminar Nasional Unsoed edit.doc Download (68kB) |
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji tentang transformasi public governance di kota Palembang dalam upaya peningkatan mutu pelayanan publik. Masih banyak terjadi keluhan dari masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Palembang, terutama pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) yang dilakukan oleh Dinas Tata Kota. Keluhan tersebut berkaitan dengan prosedur pelayanan yang berbelit-belit, persyaratan yang susah dipenuhi, biaya yang besar dan sulit diperkirakan, serta waktu pelayanan sangat lama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode explanatory survey, yakni: menjelaskan dan menganalisis tentang Transformasi Public Governance di Kota Palembang dalam upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Publik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga dalam wilayah Kota Palembang yang memiliki rumah tinggal sendiri dan telah memiliki/mendapatkan IMB. Disimpulkan bahwa transformasi public governance di kota Palembang dalam upaya peningkatan mutu pelayanan publik dapat dilakukan dengan mengadopsi nilai-nilai kualitas pelayanan yang terdiri atas tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 03:30 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 03:30 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14908 |
Actions (login required)
View Item |