Pengoptimalan Kinerja Koordinator Statistik Kecamatan Menghasilkan Data Berkualitas: Studi Kasus Badan Pusat Statistik Kota Palembang

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) Pengoptimalan Kinerja Koordinator Statistik Kecamatan Menghasilkan Data Berkualitas: Studi Kasus Badan Pusat Statistik Kota Palembang. Pengoptimalan Kinerja Koordinator Statistik Kecamatan Menghasilkan Data Berkualitas: Studi Kasus Badan Pusat Statistik Kota Palembang.

[img] Text
Rianti (2016) Pengoptimalan Kinerja Koordinator Statistik Kecamatan Menghasilkan Data Berkualitas.doc

Download (69kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan metode pengoptimalan kinerja Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) di BPS Kota Palembang, dengan terlebih dahulu melakukan analisa faktor-faktor yang menentukan kinerja KSK tersebut dalam penyelesaian tugas pendataan lapangan, khususnya Survei Sosial Ekonomi Nasional (SESENAS) 2015. Data yang digunakan ada dua jenis, yaitu data primer yang didapat melalui hasil wawancara terhadap beberapa orang pegawai di BPS Kota Palembang yang terlibat langsung dalam proses pendataan lapangan,serta data sekunder diambil dari hasil catatan laporan penyelesaian pendataan SESENAS 2015 dan matrik beban kerja KSK. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan hasilnya menunjukkan bahwa meskipun secara keseluruhan KSK masih dapat melaksanakan tugas-tugasnya, namun masih dijumpai beberapa faktor yang berpotensi menjadi kendala dalam upaya menghasilkan data yang berkualitas, diantaranya tidak meratanya beban kerja KSK dan kompleksitas kuesioner SUSENAS. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa upaya pengoptimalan kinerja KSK data dilakukan dengan menyusun matrik seluruh kegiatan dengan lebih terintegrasi, merelokasi jumlah tugas pendataan antar KSK dengan lebih merata dan asil, serta peningkatan pengawasan dan monitoring pelaksanaan pendataan lapangan oleh pimpinan dan para penanggung jawab kegiatan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:49
Last Modified: 23 Jun 2022 02:49
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14867

Actions (login required)

View Item View Item