PENGARUH LATIHAN BOLA GANTUNG TERHADAP PENINGKATAN HASIL SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN SEPAK TAKRAW SISWA PUTRA KELAS X SMA N 3 PRABUMULIH

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENGARUH LATIHAN BOLA GANTUNG TERHADAP PENINGKATAN HASIL SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN SEPAK TAKRAW SISWA PUTRA KELAS X SMA N 3 PRABUMULIH. PENGARUH LATIHAN BOLA GANTUNG TERHADAP PENINGKATAN HASIL SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN SEPAK TAKRAW SISWA PUTRA KELAS X SMA N 3 PRABUMULIH.

[img]
Preview
Text
Arif Hidayat, M. Pd Penelitian.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan bola gantung terhadap peningkatan hasil servis bawah siswa putra kelas X SMA Negeri 3 Prabumulih. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, menggunakan rancangan pretest-posttest randomized control group design dengan variabel bebas latihan bola gantung, variabel terikat hasil servis bawah permainan sepak takraw, dan variabel kendali siswa putra. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas X yang berjumlah 48 siswa dipilih dengan teknik sampling jenuh dan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kontrol peneliti menggunakan teknik simple random sampling dengan sistem ordinal pairing. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Pada setiap kelompok, tes diberikan diawal sebelum perlakuan dan diakhir setelah perlakuan. Perlakuan di kelompok eksperimen berupa latihan bola gantung, Setelah diberikan perlakuan selama 6 minggu dengan frekuensi latihan 3 kali seminggu dalam kegiatan ekstrakulikuler kelompok eksperimen mengalami kenaikan. Berdasarkan analisis data dengan cara statistik uji t dengan taraf signifikan α = 0, 05 didapat t hitung = 7,063 dan t tabel = 1,677, apabila thitung > ttabel maka Ha diterima. Sehingga thitung = 7,063 > ttabel = 1,677 dengan demikian Ha yang diajukan dapat diterima kebenarannya, bahwa latihan bola gantung berpengaruh terhadap peningkatan hasil servis bawah permainan sepak takraw pada siswa putra kelas X SMA Negeri 3 Prabumulih.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:32
Last Modified: 23 Jun 2022 02:32
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14819

Actions (login required)

View Item View Item