Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Perangkat Lunak Model MADLC

Usman Ependi, Usman (2022) Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Perangkat Lunak Model MADLC. Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Perangkat Lunak Model MADLC.

[img]
Preview
Text
JATISI_Vol_2_No_2_Maret_2016_6 [130-140].pdf

Download (860kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Mata pelajaran matematika secara esensi merupakan proses belajar berpikir dalam memenuhi kebutuhan logis dalam memecahkan masalah-masalah di bidang sains, teknologi, dan kehidupan sehari-hari. Kondisi secara umum saat ini adalah mata ajar matematika di tingkat sekolah dasar dipelajari dengan cara yang sangat teoritik dan mekanistik, artinya konsep matematika hanya menekankan pada aspek teori dan tanpa disertai dengan implikasi dan penerapannya. Model pembelajaran seperti ini dirasakan kurang memahami dan bermakna, ditambah lagi dengan sedikitnya kesempatan siswa untuk melakukan latihan-latihan ulang terhadap pembuktian sebuah formulasi dalam materi tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah membangun sebuah perangkat lunak mobile untuk media latihan mata pelajaran matematika yang dikhususkan bagi siswa kelas VI sekolah dasar. Pemilihan Mobile Application Development Lifecycle Model (MADLC) sebagai model pengembangan perangkat lunak dikarenakan dua hal yaitu model ini terbukti mampu melakukan pemetaan matrik analisis terhadap aplikasi berbasis mobile yang dibuat, dan kerangka ini juga dapat menentukan proses dalam penyebaran aplikasi mobile setelah tahap pengembangan dilakukan. Beberapa kontribusi fitur yang dihasilkan pada penelitian ini adalah melihat daftar istilah, melihat rujukan materi, melakukan latihan soal-soal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:10
Last Modified: 23 Jun 2022 02:10
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14770

Actions (login required)

View Item View Item