PENGAMANAN DATABASE SERVER SISTEM INFORMASI KENDARAAN BEMOTOR DI UNIT KEPOLISIAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEB SERVICES (STUDI KASUS SAMSAT KOTA PALEMBANG)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENGAMANAN DATABASE SERVER SISTEM INFORMASI KENDARAAN BEMOTOR DI UNIT KEPOLISIAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEB SERVICES (STUDI KASUS SAMSAT KOTA PALEMBANG). PENGAMANAN DATABASE SERVER SISTEM INFORMASI KENDARAAN BEMOTOR DI UNIT KEPOLISIAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEB SERVICES (STUDI KASUS SAMSAT KOTA PALEMBANG).

[img] Text
Prosiding Mutakin.docx

Download (1MB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penggunaan teknologi client server mengharuskan pengembang mengakses langsung database server. Cara akses dengan metode ini mempunyai resiko lemahnya keamanan data karena developer mengetahui alamat komputer serta user id dan password database server. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi layanan untuk menjembatani aplikasi berbagai instansi atau unit dengan database server Sistem Informasi Kendaraan Bermotor di Unit Kepolisian pada Kantor Samsat Palembang dan dapat mengamankan database server dari akses langsung. Teknologi saat ini yang tengah berkembang pesat adalah sebuah teknologi yang memungkinkan bentuk akhir dari sebuah program atau aplikasi komputer adalah layanan atau fungsi yang melakukan sebuah tugas atau proses yang spesifik dan dikenal dengan istilah Web Services yang menggunakan XML, sebagai format dokumennya. Web Services juga mampu memberi layanan pada bahasa pemerograman tanpa mengharuskan bahasa pemrograman tersebut membuat koneksi langsung ke Database Server akan mengurangi perasaan was-was para Database Administrator, akan ketakutan kehilangan data, karena akses ke database cukup dilakukan oleh aplikasi layanan berupa web services. Aplikasi layanan ini ternyata mampu mengatasi masalah keamanan database server dan mengurangi biaya pengembangan karena tidak harus menyeragamkan bahasa pemerograman

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:10
Last Modified: 23 Jun 2022 02:10
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14762

Actions (login required)

View Item View Item