Aplikasi Bahasa Isyarat Pengenalan Huruf Hijaiyah Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Runggu

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) Aplikasi Bahasa Isyarat Pengenalan Huruf Hijaiyah Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Runggu. Aplikasi Bahasa Isyarat Pengenalan Huruf Hijaiyah Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Runggu.

[img]
Preview
Text
Aplikasi Bahasa Isyarat Pengenalan Huruf Hijaiyah.pdf

Download (707kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Pengenalan huruf hijaiyah tidak hanya dikenalkan kepada orang-orang yang berkehidupan normal saja tetapi juga harus dikenalkan kepada orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus terutama bagi yang beragama Islam seperti halnya kepada para penyandang disabilitas tuna rungu. Tuna rungu merupakan seseorang yang mengalami kesulitan dalam pendengarannya, sehingga dalam berkomunikasi para penderita tuna rungu menggunakan bahasa isyarat. Saat ini masih jarang ditemui media yang dapat digunakan untuk memberikan pendidikan kepada penyandang tuna rungu dalam mengenal dan memahami huruf hijaiyah, dimana sebelumnya pernah digunakan media buku isyarat tetapi saat ini buku tersebut sangat sulit ditemukan. Permasalahan tersebut menyebabkan penyandang tuna rungu kesulitan dalam mengenal dan mempelajari huruf-huruf hijaiyah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi pengenalan huruf hijaiyah bagi penyandang tuna rungu agar mempermudah mereka dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, sehingga aplikasi hasil dari penelitian ini dapat digunakan penyandang tuna rungu dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah serta dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:08
Last Modified: 23 Jun 2022 02:08
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14703

Actions (login required)

View Item View Item